oleh

Warga Muslim Antusias Sambut Ajakan Edy Sholat Taubat Serentak

SKNews – Pulang Pisau : Warga masyarakat muslim di Kabupaten Pulang Pisau antusias menanggapi ajakan dan seruan Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo untuk melaksanakan sholat sunnah taubat dan sholat sunnah hajat, malam ini, Minggu 31 Mei 2020.

“Alhamdulillah, kita punya pemimpin yang mengajak kepada kebaikan, terlebih saat ini kondisi kabupaten kita dalam keadaan memprihatinkan karena wabah virus corona merebak dimana-mana, sudah sepantasnya kita bermunajat kepada Allah SWT dan memohon ampun atas dosa khilaf kita selama ini,” ujar H Ahmad Hernadi, warga Pasar Patanak Pulang Pisau, yang juga ketua pengurus Masjid Nurul Iman Pulang Pisau, Minggu (31/5).

H Hernadi bahkan mengajak seluruh jamaah masjid Nurul Iman untuk melaksanakan seruan Bupati Pulang Pisau untuk memperbanyak ibadah malam, memperbanyak istigfar dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. “Ayo kita malam ini beribadah serentak ba’da magrib di rumah kita masing-masing,” imbaunya.

Warga lainnya, H Arbani juga mengaku menyambut baik ajakan Bupati Pulang Pisau untuk melaksanakan sholat hajad dan ibadah lainnya. “Kita memang harus lebih mendekatkan diri kepada tuhan ditengah bencana wabah Corona ini, kepada siapa lagi kita meminta perlindungan kalau bukan kepada Allah SWT yang menciptakan kita, dia yang menurunkan bala ini, tentu dia pula lah yang mengangkatnya,” ujar H Arbani.

Hal senada diungkapkan pengurus Masjid Anjir Pulang Pisau Km9, Rahmani, dia akan mengajak seluruh jemaah Masjid Anjir Pulang Pisau untuk melaksanakan imbauan Bupati Pulang Pisau ini. “Kita masing-masing berdoa, agar diri dan keluarga kita diselamatkan dari bala musibah ini, Insya Allah akan dikabulkan, apalagi kita memohon kepada Allah secara serentak, barangkali doa kita diaminkan oleh para malaikat dan diijabah oleh Allah SWT,” tukas Rahmani yang juga Komandan Kasat Korlap Banser NU Kabupaten Pulang Pisau ini.

Sebelumnya, Bupati Pulang Pisau telah mengeluarkan surat edaran tentang seruan untuk melaksanakan sholat sunnah taubat dan sholat hajat untuk seluruh warga muslim di Bumi Handep Hapakat ini.

Ajakan untuk beribadah sholat sunnat malam ini juga disampaikan Edy secara tertulis melalui surat edaran Bupati Pulang Pisau Nomor 451.2/20/KESRA/V/2020 tertanggal 29 Mei 2020. Dalam surat itu ia mengajak warga umat muslim untuk melaksanakan sholat taubat dan sholat hajat serentak yang dilaksanakan Minggu 31 Mei 2020 ba’da Magrib secara individu maupun berjamaah bersama keluarga di rumah masing-masing.

Namun ia juga mengingatkan, agar dalam pelaksanaan sholat taubat dan sholat hajat ini tetap disertai upaya pencegahan penularan Covid-19 sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Sebelum berwudhu kita cuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air

mengalir, menggunakan masker dan penutup mulut dan hidung yang standar, dan bagi yang melaksanakan berjamaah bersama keluarga agar shaf diatur kurang lebih 1 meter, dan masing-masing jemaah menggunakan sejadah sendiri, serta bagi yang kurang sehat disarankan untuk melaksanakan secara individual,” jelas Edy.

Dalam surat edaran tersebut juga mencantumkan tata cara sholat taubat sebagaimana kaifiyat anjuran para imam mazhab, disarankan perbanyak membaca istighfar dan sholawat kepada Nabi Muhammad Shollollohu Alaihi Wasallam.

“Barangkali dengan ibadah sholat taubat dan sholat hajat serta memperbanyak istighfar dan membaca sholawat ini, Allah angkat wabah Covid-19 ini, khususnya di kabupaten Pulang Pisau, sehingga kita bisa hidup normal seperti dulu lagi,” tukas Edy seraya mengatakan bahwa imbauannya tersebut telah mendapatkan persetujuan dari lembaga keagamaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pulang Pisau. asri/red

Komentar

SK News Update