Sambut Pembangunan IKN, Rohaniawan Gelar Ritual

  • Bagikan

SKNEWS, PALANGKA RAYA РSecara Khusus Rohaniawan atau Basir dari Kalimantan Tengah Fransiskus Widodo jelang pembangunan Ibu Kota Negara melakukan ritual pengambilan tanah dan berharap tanah yang diletakan nantinya  dapat mempersatukan dan memakmurkan Bangsa Indonesia

Disela prosesi ritual pengambilan tanah di Obyek Wisata Bukit Batu Kasongan, Kabupaten Katingan, yang juga dikenal dengan tempat pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, yang merupakan Gubernur ke-2 Kalteng.

“Prosesi ritual yang kita laksanakan hari ini adalah pengambilan tanah, yang nantinya akan diantarkan ke Kalimantan Timur ke tempat pembangunan IKN. Jadi prosesi ritual ini, kita ambil tanah yang sudah kita rituali, tanah yang kita doakan ini agar menjadi kesuburan dan kemakmuran di IKN yang akan dipersatukan nantinya dengan tanah di semua Provinsi se-Indonesia,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Fransiskus juga mengungkapkan, prosesi pengambilan tanah tersebut dinamakan dengan Manguit Petak Sintel.

“Nama prosesinya ini adalah Manguit Petak Sintel, petak sintel ije bakandung untung ukur bekandung batuah rajaki, bakandung saluruh itung huang ije kahalap, akan kajalahan uluh tingang esu yang ada di bumi ini,” tuturnya.

“Kita selaku putra daerah Kalteng berharap, dengan adanya pembangunan IKN yang baru di Kaltim, semoga dengan terlaksananya itu akan adanya kemakmuran untuk kita semua yang ada di Negara ini,” tutupnya .*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!