oleh

Peternak Sapi Berharap Pemerintah Fasilitasi Perlindungan Asuransi Kecelakaan

-Pandih Batu-669 views

SK NEWS – PULANG PISAU ; Populasi ternak sapi yang ada di wilayah Maliku dan Pandih Batu adalah populasi terbesar dalam menyumbang kontribusi terbanyak untuk kebutuhan daging di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah sehingga peternak yang ada harus mendapat jaminan perlindungan asuransi.

Dengan Asuransi maka kecelakaan sapi akibat kelahiran maupun cacat yang terjadi akan mendapat jaminan sehingga peternak tidak merugi dari akibat yang ditimbulkan.

Riman salah seorang peternak mengatakan bahwa dirinya telah memelihara sapi bertahun – tahun walaupun hasilnya belum dirasakan namun dirinya terus berupaya mengembangkan sapi yang dipeliharanya.

‘ Saya mempunyai 2 ekor sapi dan tergabung dalam kelompok tani namun nampaknya hasilnya belum ada sehingga kami akan terus berusaha,’ kata Risman.

Sementara itu Ismali yang juga ketua kelompok peternak mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya ditengah berbagai kendala yang dihadapi anggotanya seperti cacat pada saat kelahiran dan kecelakaan lainnya yang mengakibatkan peternak merugi.

Ismali berharap agar pemerintah daerah melalui Dinas terkait bisa memberikan jaminan kesehatan dan perlindungan ternak masyarakat agar bersama kelompoknya mampu mengembangkan dengan lebih baik.

Bantuan yang dimaksud menurut Ismali misalnya berupa Asuransi atau sejenisnya sebab peternak pada umumnya merasa tidak semangat lagi jika penantian selama setahun ternyata harus gagal dalam kelahiran ternak yang dipeliharanya.

‘ Saya rasa perlindungan yang tepat diberikan oleh pemerintah adalah Asuransi yang tentunya biayanya tidak memberatkan peternak dan dengan Asuransi ini tentunya akan membuat sedikit lega bagi petani dalam menunggu kelahiran sapi mereka,’ kata Ismali.

Sementara itu Slamet Untung Rianto saat dikonfirmasi sangat merespon usulan perternak tersebut dan akan di realisasikan keinginan para kelompok tersebut sebab dinas pada dasarnya juga sangat menantikan masukan – masukan guna dijadikan langkah dalam memberikan berbagai pola dalam upaya mengembangkan hasil ternak masyarakat.

‘ Kita sangat menyambut baik usulan para peternak sapi dan ini yang sangat kami tunggu masukan-masukan dari mereka sehingga kami akan melakukan kerjasama dengan pihak Asuransi agar perternak kita bisa terlindungi,’ kata Slamet. sr/red

Komentar

SK News Update