Mencegah Karhutla Dari Titik Wilayah Desa

Kades Talio Muara, Marzuki saat memberikan paparan dan menyampaikan harapan di depan tim MPA desa talio muara agar bekerjasama dalam mencegah karhutla di wilayah Pulang Pisau khusunya di desa Talio muara. Foto : Aditya SKNEWS.

SKNEWS, PULANG PISAU – Masyarakat Peduli Api (MPA) menjadi garda terdepan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, tim MPA desa talio muara harus dipastikan seluruh perlatan ada dan berfungsi dengan baik serta ditangani oleh orang yang memiliki kecakapan khusus.

Di Desa Talio Muara terdiri dari 16 desa di wilayah Pandih Batu yang mendapat kesempatan untuk berlatih kecakapan bertajuk competisi cakap dalam pengendalian karhutla, tim yang tergabung dalam MPA tersebut mendapat pelatihan serta pengetahuan khusus dari tim ahli dari manggala agni wilayah kalimantan 2 yakni Kuala Kapuas.

Sebelum melakukan kegiatan simulasi cakap menggunakan peralatan, tim juga memberikan sosialisasi pencegahan serta bahaya bagi lingkungan jika terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan narasumber yang beragam mulai dari kementerian lingkungan hidup kalteng, BPBD, manggala agni kuala kapuas, polsek dan koramil setempat serta penguatan pentingnya bermain media sosial dari media.

Kepala desa pun tak lepas dari upaya ikut menjadi bagian penting dari upaya antisipasi Karhutla, kepala Desa Talio Muara, Marzuki saat memberikan paparan dihadapan tim MPA desa talio muara berharap kerja tim adalah kerja bersama melaporkan, mengatasi serta memaksimalkan kerja tim dilapangan dengan tidak memberikan beban hanya kepada pemerintah namun harus ditangani serta dicegah secara bersama.

“Saya berharap kerjasama dari tim MPA, salah satunya yaitu kerja bersama melaporkan, mengatasi serta memaksimalkan kerja tim di lapangan dengan tidak memberikan beban hanya kepada pemerintah namun harus ditangani serta dicegah secara bersama,“ Ucap Marzuki.

Sebagai kepala desa dirinya juga sangat berterimakasih hadirnya tim manggala agni kuala kapuas serta seluruh pemateri bahwa kegiatan yang dilakukan semua dalam rangka penguatan tim MPA Desa Talio muara tentu harapan penting yang disampaikan kepala desa adalah saling menjaga diri dan berupaya agar Desa Talio muara tidak menjadi bagian dari lokasi yang terkena musibah kebakaran lahan. *.*

Respon (53)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!