Tim Siaga Karhutla Desa Talio Muara dalam Competition Cegah Karhutla

Kepala Desa Talio Muara. marzuki saat menyeahkan peralatan Karhutla kepada tim MPA desa Talio. Foto : Via SK News

SK News. PANDIH BATU – Masyarakat Peduli Api menjadi garda terdepan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah maing – masing, desa juga berusaha menyiapkan tim agar pencegahan karhutla dapat dideteksi sedini mungkin termasuk diantaranya adalah tim MPA desa Talio Muara yang harus dipastikan seluruh perlatan ada dan berfungsi dengan baik serta ditangni oleh orang yang memiliki kecakapan khusus.

Didesa Talio salah satunya dari 16 desa di wilayah Pandih Batu yang mendapat kesempatan untuk berlatih kecakapan bertajuk competisi cakap dalam pengendalian karhutla, tim yang tergabung dalam MPA tersebut mendapat pelatihan serta pengetahuan khusus dari tim ahli dari manggala agni wilayah Kalimantan 2 yakni Kuala Kapuas.

Sebelum melakukan kegiatan simulasi cakap menggunakan peralatan, tim juga memberikan sosialisasi pencegahan serta bahaya bagi lingkungan jika terjdi kebkaran hutan dan lahan dengan nara sumber yang beragam mulai dari kementerian Lingkungan Hidup Kalteng, BPBD, Manggala AGNI Kuala Kapuas, Polsek dan koramil setempat serta penguatan pentingnya bermain media sosial dari TVRI Kalteng.

Kepala Desa pun tak lepas dari upaya ikut menjadi bagian penting dari upaya antisipsi karhutla, kepala desa Talio Muara, Marzuki saat memberikan paparan dihadapan tim MPA des Talio Muara berharap kerja tim adalah kerja bersama melaporkan, mengatasi serta memaksimalkan kerja tim dilapangan dengan tidak membeikan beban hanya kepada pemerintah namun harus ditangani serta dicegah secara bersama.

” Saya berharap tim ini akan bekerja maksimal dalam rangka pencegahan karhutla, seluruh paparan dari pemateri hendaknya menjadi tambahan bekal dalam rangka melaksnakan tugas tim secara bersama, pemerinth dalam hal ini kami dari desa akan berusaha semaksimal mungkin bersama tim untuk menjaga desa yang kita cintai dari dampak jika terjadi karhutla,” ucap marzuki.

Sebagai kepala desa dirinya juga sangat berterimakasih hadirnya tim manggala agni Kuala Kapuas serta seluruh pemateri bahwa kegiatan yang dilakukan semua dalam rangka penguatan tim MPA desa talio muara tentu harapan penting yang disampaikan kepala desa adalah saling menjaga diri dan berupaya agar desa Talio Muara tidak menjadi bagian dari lokasi yang terkena musibah kebakaran lahan. *.*

Respon (64)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!