Harga Cabe Menurun, Gangguan Hama Merusak Hasil Panen

  • Bagikan
Ibu Sulis diantara petani cabe di desa Kantan Dalam yang saat ini tengah musim panen namun banyakhama dan harga menurun, dirinya berencana alih komiditi jagung. Foto : Via SK News

SKNEWS, PANDIH BATU – Menjadi petani tidaklah mudah, ditengah keberhasilan hasil panen melimpah dengan harga yang tinggi menjadi impian setiap petani namun apa jadinya jika serangan hama dan harga yang rendah datang disaat yang tidak tepat.

Saat hamparan lahan pertanian warga mulai memerah dengan tanaman cabe yang sudah siap panen, justru impian petani memberikan pengalaman tersendiri untuk beralih ke komiditi lainnya.

Ibu Sulis satu diantara petani yang ada di desa Kantan Dalam, dirinya bersama sang suami sudah merasakan harga panen cabe hingga 70 ribu rupiah per kilogram namun di masa panen kedua justru harga anjlok hingga 45 ribu perkilo ditambah lagi hama menyerang buah cabe yang siap panen.

Ibu Sulis mengaku tak ada jalan lain dengan hama yang menyerang biji cabe siap panen dan membuat dirinya berpikir untuk mengubah tanaman cabe menjadi tanaman jagung dilahan miliknya yang siap diolah.

“ Dulu pernah harga 70 ribu, itu kami semangat dan lumayan serta taka da hama, sekarang harganya tinggal 45 ribu dan itupun banyak hama yang menggangu sehingga cabe siap panen banyak yang busuk dan mongering sedangkan ini sudah 2 x masa panen dan mungkin musim kedepan akan beralih ke tanaman jagung dulu,” ucap ibu Sulis.

Disaat musim panen ibu Sulis berusaha meluangkan waktu lebih lama untuk memilah antara cabe yang baik dan rusak sementara penjualan cabe juga mengandalkan pembeli yang datang.

Ibu Sulis adalah satu diantara petani lain yang mempunyai lahan tanaman cabe namun demikian tentu harapannya adalah kedepan harus lebih ulet lagi memperlakukan tanaman agar tak terserang hama sebab bagaimanapun sebenarnya hama yang menimpa akibat kelalaian dalam memelihara tanaman dilahannya.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!