Perdana Uji Coba, Tanam Bawang Merah dilahan Pasir Kalteng

Inilah Hariadi seorang penyuluh pertanian Kahayan Tengah yang sedang panen bawang merah di lahan pasir desa Tuwung. Foto : Suryanah SK News
SKNEWS, TUWUNG – Taukah anda bahwa tanaman bawang merah merupakan tanaman yang identik ditanah subur bahkan keberadaanya selalu didatangkan dari tanah Jawa, namun siapa sangka justru di bumi Kalimantan Tengah tanaman ini bisa berhasil diuji coba.

Adalah bapak Hariadi, penyuluh pertanian didesa Tuwung kecamatan Kahayan Tengah kini sedang melakukan uji coba tanaman bawang merah alhasil eksperimen yang dilakukan membuahkan hasil yang luar biasa.

Hariadi berkeyakinan dari awal bahwa bawang merah akan bisa ditanam di bumi Kalimantan Tengah tepatnya di lahan pasir desa Tuwung sehingga berbagai cara pun dilakukan dan hasilnya sungguh diluar dugaan, tanaman bawang berhasil setelah ditunggu selama 3 bulan.

Dengan uji coba dan keberhasilan tersebut dirinya akan berusaha terus mengembangkan budidaya tanaman bawang merah dikawasan tanah pasir putih walau diakui sangat memerlukan perlakukan khusus dengan cara menetralkan unsur hara dengan cara memberikan pupuk kandang yang banyak.

Kedepan Hariadi akan membuat petani lain mengikuti caranya sehingga bawang merah akan tumbuh subuh di desa Tuwung serta desa lainnya di Kalimantan Tengah.

“ Awalnya kami dapat bantuan bibit dari dinas Pertanian, lalu saya tanam di lahan pasir, saya berpikir bisa dilakukan namun memang saya akui sangat memerlukan biaya tinggi sebab pemberian pupuk kandang harus ekstra banyak, tapi ini akhirnya berhasil,” ucap Hariadi.

Kebanggan sebagai penyuluh dan petani didesa Tuwung tentu Hariadi akan berbagi dengan petani lainnya tentu harapannya adalah banyak petani lain yang mengikuti serta memberikan petani menjadi lebih bergairah untuk bisa menghasilkan tanaman yang dirasa sulit berkembang namun ternyata bisa menghasilan panen yang baik.*.*

Respon (71)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!