Membingkai Budaya Sejak Dini

  • Bagikan
Inllah saat media ini berkunjung dan menyaksikan langsung kelompok anak - anak ini menyajikan atraksi puntau di lokasi wisaya desa Tuwung Kahayan Tengah. Foto : Aditya

SKNEWS, PULANG PISAU – Seni budaya terus diasah untuk generasi penerus, saat berkunjung ke salah satu lokasi wisata desa Tuwung tepatnya di danau Sabuah terlihat puluhan anak – anak sungguh piawi memainkan atraksi seni lokal Puntau dalam memyambut tamu yang datang.

Keceriaan terpancar diwajah mereka yang merupakan generasi millenial, sejak kecil mereka diajak untuk mempertahankan seni budaya kearifan lokal.

Mia salah satu pemain puntau mengatakan bahwa untuk berlatih puntau bersama teman – teman lainnya tidak terlalu membituhkan waktu lama dan kegiatan pelatihan diikuti dengan senang gembira.

” Kita dilatih 2 hari dan hasilnya dapat dilihat tadi kak, tidak sulit kami berlatih bahkan kami sangat senang, kami kompak untuk latihan sabtu minggu, ” Ucapnya.

Seni bela diri puntau tak jauh beda dengan seni bela diri silat dan sejenisnya namun seni ini identik dimainkan di tanah suku dayak dan secara rutin kerap tampil di penyambutan acara tamu yang datang.

Namun ini sangat berbeda, jika lazimnya seni bela diri puntau dimainkan orang dewasa namun kali ini seni bela diri puntau dimainkan oleh anak – anak.

Mereka adalah generasi millenial yang terus diasah untuk tetap mempertahankan kesenian lokal Kalimantan Tengah agar keberadaannya tidak semakin punah bahkan mampu ditampipkan lebih menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!