Danau Bagantung, Lokasi Wisata spot Pemancingan dan Pesona Alam

  • Bagikan
Spot Wisata Alam dan Lokasi Pemancingan bagi warga desa Tanjung Taruna, lokasi ini disebut sebagai lokasi wisata Danau bagantung. Foto : Aditya.
SKNEWS, PULANG PISAU – Kawasan Jabiren Raya tepatnya di desa Tanjung Taruna terdapat satu potensi wisata, sedikitnya terdapat 6 buah danau dan setiap danau hanya bisa ditembus oleh lorong kecil yang dipenuhi pepohonan rawa.

Siapa sangka Jabiren Raya menyimpan potensi wisata sebuah danau, masyarakat menyebut lokasi tersebut adalah danau Bagantung, selain nuansa alam yang masih asri lokasi ini juga sangat elok dijadikan spot panorama budaya Kalimantan Tengah.

Terletak didesa Tanjung Taruna tepatnya di seberang sungai kahayan atau dusun Tanjung Pusaka berjarak 6 kilometer dari jalan lintas trans Kalimantan dan medan jalan yang masih sulit dilalui tentu trasportasi yang nyaman digunakan adalah perahu kecil .

Saat berkunjung ke lokasi danau ini didampingi oleh sekretaris camat Jabiren Raya, Restu Madi mengatakan bahwa lokasi ini baru ter expos dinas Budaya dan Pariwisata namun sudah banyak wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut baik untuk rekreasi, vlogger dan memancing.

“ Hari ini potensi danau di wilayah ini baru pertama di ekpos dinas terkait, semoga dengan hadirnya mereka kedepan akan ada inovasi yang dilakukan baik oleh dinas budaya pariwisata maupun dinas terkait lainnya melihat potensi danau ini sangat baik untuk sarana wisata alam,” ucap Restu.

Menengok keberadaan masyarakat Tanjung Pusaka yang rata – rata berprofesi sebagai nelayan di wilayah lokasi Danau Bagantung. Foto : Aditya.

Masyarakat di desa ini khususnya yang ada di seberang sungai atau Tanjung Pusaka kehidupan mereka juga sebagai nelayan, dan di danau itulah ladang mereka mencari ikan untuk keperluan hidup mereka namun seringnya wisatawan masuk tentu mereka juga berperan sebagai penyedia jasa antar menggunakan perahu alkon.

Tak heran panorama alam yang hanya digunakan masyarakat menggantungkan hidup sebagai pencari ikan lokasi ini juga sangat terjaga dari pencarian ikan menggunakan bahan yang dilarang pemerintah.

Hal lain yang lebih menarik bahwa lokasi ini sudah banyak dukunjungi wisatawan berbagai negara sehingga masyarakat selain mencari ikan juga menyediakan jasa transportasi menuju danau – danau tersebut.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!