oleh

Pasca Pasien Positif, Puskesmas di Tutup Sementara

SKNews – Pulang Pisau : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengeluarkan pengumuman resmi tentang penutupan sementara Puskesmas Pulang Pisau pasca ditetapkannya 1 orang pegawai di Puskesmas itu sebagai pasien positif Covid-19.

Tidak hanya menutup Puskesmas, sejumlah pegawai baik staf, perawat dan dokter langsung diisolasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTPP) Covid-19 Pulang Pisau. “Ada yang dikarantina dan ada yang diisolasi mandiri,” ujar Muliyanto yang juga Jubir GTPP Covid-19 Pulang Pisau belum lama ini.

Dikatakan Muliyanto, diterbitkannya surat pengumuman tersebut merupakan tindaklanjut upaya penelusuran yang dilakukan tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 untuk mengetahui orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 di Pulang Pisau.

“Kita tracking, dan kita menemukan beberapa petugas kesehatan Puskesmas Pulang Pisau yang melakukan kontak dengan pasien positif, kita swab juga dan tinggal menunggu hasilnya,” kata Mul, demikian sapaan akrabnya.

Ditanya soal apakah ada kaitan antara penutupan Puskesmas dengan dugaan pegawai yang terkonfirmasi positif, Mul tidak mengingkari hal itu. “Tapi secara resmi akan kami umumkan hari ini melalui rapat analisa dan evaluasi (Anev) di posko tanggap darurat Pulang Pisau,” tegasnya.

Dalam surat pengumuman Nomor 525 Tahun 2020 itu disebutkan, terhitung mulai tanggal 10 juni 2020, Puskesmas Pulang Pisau tidak dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat karena sebagian besar petugas sedang melaksanakan karantina mandiri.

Disebutkan pula, bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan dapat mengunjungi Puskesmas Pembantu atau Poskesdes terdekat atau ke Puskesmas Bereng.

Diimbau agar masyarakat menunda dulu kunjungan ke Puskesmas bila tidak merpakan penyakit yang tergolong gawat darurat. Masyarakat yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat langsung ke IGD RSUD Pulang Pisau.

Keputusan tersebut diberlakukan sampai hasil swab petugas Puskesmas Pulang Pisau keluar dan diketahui hasilnya, demikian isi pengumuman tersebut. asri/red

Komentar

SK News Update