Mengolah Tomat Menjadi Produk Olahan Bernilai Tinggi

Salah satu terobosan untuk Kegiata PKK kecamatan Jabiren raya yaitu pengolahan makanan lezat yang berbahan utama tomat hasil dari pertanian - pertanian masyarakat Jabiren Raya. Foto : Aditya SKNews.
SK News, Pulang Pisau – Siapa sangka buah tomat bisa diolah menjadi makanan lezat berbentuk seperti buah kurma yang bernilai tinggi untuk menambah gizi keluarga dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Ibu RJ. Maryati memberikan terobosan baru untuk kegiatan PKK kecamatan jabiren raya, dari hasil kebun milik petani di desa garung menjadi bahan utama dimanfaatkan untuk makanan olahan yang lezat.

Ibu Maryati yang juga istri dari Camat Jabiren Raya merupakan warga asli kelampangan yang sudah banyak menciptakan produk olahan dari hasil petani dan semenjak suaminya menjabat camat baru-baru ini langsung menularkan ilmunya untuk anggota PKK jabiren.

Hasilnya sungguh menakjubkan, hasil panen petani mampu diserap sebagian untuk makanan alahan produk PKK jabiren dan alangkah gembiranya pengurus PKK yang bisa menambah kegiatan serta memberikan nilai ekonomi masyarakat .

Tak banyak yang dilakukan untuk menjadikan makanan olahan lezat dari buah tomat, hanya perlu beberapa tahapan hingga bisa masuk dalam kemasan unik dan rasa yang lezat.

“ Hasil dari petani sayur mayur buah tomat ini kita inovasi menjadi makanan olahan yaitu torakur ( Tomat Rasa Kurma ) dengan hanya memakai bahan utama tomat serta bahan bahan yang lain seperti gula, garam, dan kapur, kemudian melewati proses penjemuran agar tomat tampak sedikit kering seperti kurma. “ Ucap Maryati.

Maryati berharap produk yang diajarkan ke pengurus PKK bisa berkembang menjadi makanan nilai ekonomi masyarakat hingga desa dan dirinya siap memberikan panduan untuk terus diproduksi masyarakat jabiren raya.

Respon (64)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!