KPPS Lembur Lakukan Rekapitulasi Hingga Pagi Hari

  • Bagikan
KPPS di salah satu TPS Kuala Pembuang, ketika melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu serentak 2024. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Pelaksanaan rekapitulasi hasil pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) tidak semuanya berjalan sesuai target, sejumlah TPS di Kota Kuala Pembuang ada yang terselesaikan hingga pagi hari.

Pesta demokrasi terbesar pemilihan umum (pemilu) serentah tahun ini sudah berjalan dengan aman dan lancar, masyarakat sudah memberikan hak suaranya terhadap pilihannya masing-masing.

Tepat pukul 13.00 WIB waktu pemungutan suara TPS berakhir, karena akan dilakukan rekapitulasi hasil suara yang telah diberikan masyarakat sebelumnya.

Namun, proses rekapitulasi tidak secepat tahun sebelumnya dan bahkan di luar target waktu yang telah ditetapkan, karena hingga larut malam bahkan hingga pagi ada yang belum terselesaikan.

“Kami sekitar jam 1.30 pagi selesai dan langsung menyerahkan hasil rekapitulasi ke PPK di Kelurahan Kuala Pembuang 1. Keterlambatan ini salah satunya jumlah DPT yang cukup banyak dan 5 jenis pemilihan yang dilakukan,” Kata salah seorang anggota KPPS, yang tidak mau disebutkan, (15/2/24).

Dijelaskannya, hal ini dimungkinkan jumlah DPT yang cukup banyak yakni bekisar 300 orang, belum ditambah daftar pemilih tambahan (DPHTB). Ada 5 jenis surat suara yang dilakukan perhitungan yang tentunya cukup memakan waktu, jika para kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) tidak mempunyai cara untuk mengejar target waktu.

“Masalah kami tadi malam ada surat suara yang tidak sesuai degan hitungan, kurang lebih 30 menit baru ditemukan, ternyata pemilih salah masukkan jenis surat suaranya. Ishoma sekitar 2 jam lebih juga menambah keterlambatan,” tutupnya. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!