Hatinya PKK Hiasi Taman Harati Bukit Liti

  • Bagikan
Kepala Desa Bukit Liti, Heri Tuah saat menjelaskan terkait inovasi Taman Harati dan cafe bajenta yang ada di desa Bukit Liti, Kahayan Tengah. Foto : Aditya SKNEWS.

SKNEWS, PULANG PISAU – Desa dituntut untuk mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, selain meningkatkan ekonomi masyarakat tentu tujuannya adalah untuk pengembangan desa semakin mandiri dan berkembang.

Setiap desa di wilayah kahayan tengah memiliki ciri dan potensi khusus dan salah satunya adalah desa bukit liti, pemerintahan desa ini menggali potensi wilayahnya dengan membangun desa wisata yang dinamakan taman harati .

Taman harati dibentuk sebagai miniatur konsep budaya dan wisata di Kalimantan Tengah seperti huma betang, taman pendidikan, perpustakaan, miniatur ragam rumah ibadah serta diperkuat dengan pengelolaan café milik PKK desa.

Taman harati dan cafe bajenta dibuka untuk umum mulai selasa hingga sabtu sementara layaknya cafe pada umumnya cafe bajenta  menyajikan anema menu makanan dan kopi dengan dipekerjakan para anak muda didesa tersebut.

Heri Tuah yang juga kepala desa bukit liti menjelaskan bahwa cafe bajenta bagian dari taman harati sehingga keberadaanya dimaksudkan untuk mengisi pengembangan wisata desa serta menunmbuhkan minat masyarakat untuk kreatif dalam pengembangan usaha lokal.

“ Cafe bajenta merupakan salah satu bagian dari taman harati yang keberadaanya dimaksudkan untuk mengisi pengembangan wisata desa dan juga menumbuhkan minat Masyarakat untuk kreatif dalam pengembangan usaha lokal. “ Ucap Heri.

Disebutkan bahwa untuk pengelolaan cafe diserahkan pada PKK desa sedangkan konsep pengembangan lokasi taman harati menjadi penting untuk belajar diluar ruangan bagi anak pelajar dan kaum muda agar lebih mengenal budaya wisata serta memperkuat wawasan kebangsaan bagi masyarakat secara umum. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!