Hasil Inovasi Desa Pacu Petani Kopi Bergairah Kembali

Kades Gandang Barat, Kasmat saat memberikan informasi tentang inovasi desa yang ada di desa gandang barat salah satunya pengolahan kopi. Foto : Aditya SKNEWS.
SKNEWS, Pulang Pisau – Petani kopi di desa gandang barat kini bergairah kembali, pasalnya hasil pendampingan perempuan desa bersama kemitraan memberikan hasil positif untuk menyerap panen kopi petani desa tersebut.

Siapa sangka lahan kopi milik petani desa gandang barat ini selama bertahun – tahun tak termanfaatkan dan perlahan petani kopi semakin punah dengan cara alih fungsi lahan.

Petani kopi dulunya berjaya, setiap warga hampir memiliki kebun kopi yang ditanam dilahan pekarangan merekanamun perlahan punah sebab hasil panen kopi tak memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kini perempuan desa gandang barat mendapatkan pembinaan dari kemitraan dan hasilnya biji kopi milik petani bisa diproduksi menjadi kopi kemasan yang bernilai ekonomi lebih tinggi sehingga para pemilik kebun kopi kini mulai digairahkan kembali.

Kades gandang barat, Kasmat mengatakan bahwa kini perempuan didesanya sudah memiliki sarana pengolahan kopi yang hasilnya bisa memberikan dampak positif untuk menggairahkan kembali petani kopi dan sarana inovasi desa.

“ Sekarang petani kopi khususnya bagi kaum perempuan di desa sudah memiliki sarana pengolahan kopi yang dapat memberikan dampak positif untuk menggairahkan kembali petani kopi dan sarana inovasi desa. “ Ucap Kasmat.

Kasmat juga mengatakan bahwa diakui untuk pemasaran kopi masih rendah sehingga kedepan akan mencoba untuk terus melakukan terobosan pemasaran hasil agar desa gandang barat lebih maju lagi dalam inovasi desa.

“ Untuk pemasaran kopi masih sangat rendah sehingga saya selaku Kepala Desa Gandang Barat akan terus mencoba melakukan terobosan pemasaran  hasil agar desa gandang barat menjadi lebih maju dalam inovasi desa. “ Tambahnya.

Respon (65)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!