Berkah Melimpah Petani Buah Semangka Di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
Pedagang buah semangka mendapatkan banyak pelanggan dan pesanan di bulan ramadhan. Foto : Aditya

SK News, Pulang Pisau, – Datangnya Bulan Suci Ramadhan membawa keberkahan bagi petani buah semangka di Desa Henda Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau. Dimana para petani dan pedagang buah semangka mendapatkan keuntungan yang signifikan dari masa panen sebelumnya.

Irwanto Ketua Kelompok Tani Semangka Desa Henda mengatakan bahwa hasil panen buah semangka tahun ini sangat bagus dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana dalam satu hektar bisa menghasilkan panen buah semangka antara 15 hingga 20 ton.

” Alhamdulillah, panen buah semangka tahun ini cukup menghasilkan dibandingkan tahun sebelumnya, ” ucap Irwanto kepada awak media.

Untuk pemasaran buah semangka sebutnya Irwanto, selain dijual oleh warga di lapak-lapak sepanjang Jalan Trans Kalimantan Desa Henda, juga di ambil oleh para pedagang dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Pontianak Kalimantan Barat, Palangka Raya, Sampit dan Pangkalanbun.

Irwanto mengaku untuk tahun ini sangat kekurangan buah semangka, karena banyaknya permintaan pesanan dari para pedagang.

” Untuk buah semangka ini kita menjual kepada para pedagang dengan harga borongan. Dengan tarif sesuai ukuran, ukuran kecil di jual Rp. 3.000, ukuran sedang Rp. 5000 dan untuk ukuran besar dijual Rp. 7.000, ” jelasnya

Irwanto juga menjelaskan memiliki kendala yang dihadapi saat ini yaitu mahalnya harga pupuk, dimana sekarang ini mendapatkan harga pupuk mutiara Rp. 495 ribu/zak. Padahal, sebelumnya hanya Rp. 300/zak.

” Kami berharap kepada pemerintah agar harga pupuk ini bisa disubsidi kembali, ” pintanya

Sementara Kepala BPP Kecamatan Jabiren Raya, Mambang SP mengatakan bahwa semangka merupakan komoditas utama yang dihasilkan dari Desa, dimana tanaman semangka ditanam di lahan seluas 110 hektar.

” Kita bersyukur bahwa panen buah semangka tahun ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dimana rata-rata dalam 1 hektar bisa menghasilkan panen antara 15 hingga 20 ton, ” ucap Mambang

Mambang menjelaskan kendala yang dihadapi para petani dalam budidaya tanaman semangka ini adalah hama penyakit, yakni jamur. Tetapi walaupun begitu, kami dari BPP Kecamatan Jabiren Raya akan terus memberikan pendampingan dilapangan kepada para petani untuk bersama-sama mengatasi hama jamur tersebut sehingga tidak sampai menyebar luas ke seluruh tanaman.

” Kita selalu memberikan pendampingan dan dukungan kepada para petani buah semangka di Desa Henda ini agar lebih bersemangat sehingga hasil panennya akan terus meningkat dan berdampak bagi kemajuan ekonomi masyarakat, ” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!