Ahmad Rifa’i : Food Estate itu Bukan Hanya Beras, namun Mencakup Pangan dalam Arti Luas

  • Bagikan

SK News, PULANG PISAU – Ketua DPRD Pulang Pisau, H. Ahmad Rifai ikut menyambut tim dirjen perhutanan dan kemitraan kementerian lingkungan hidup sebagai langkah awal penyaluran bantuan masyarakat lokal untuk program ketahanan pangan di wilayah Pulang Pisau yang kali ini diperuntukkan bagi masyarakat kelompok usaha di desa Gohong.

Ketua DPRD Pulang Pisau, H. Ahmad Rifa’i menilai bahwa jika masyarakat mendengar program food estate maka yang ada dipikiran mereka adalah bantaun untuk masyarakat petani di wilayah Pandih Batu dan Maliku namun kehadiran dirjen perhutanan dan kemitraan kementerian lingkungan hidup telah menjawab persepsi yang salah tersebut.

Menurut ketua DPRD bahwa food estate merupakan program secara umum dalam penopang ketahanan pangan nasional namun tidak saja padi melainkan pangan  dalam arti luas seperti jagung, buah-buahan, ternak, kolam, dll yang mencakup seluruh program pangan masyarakat.

  • “ Selama ini masyarakat mendengar food estate adalah program pangan dilokasi Pandih Batu dan Maliku dan kedatangan tim perhutanan serta kemitraan lingkungan hidup adalah jawaban bahwa bantuan pusat itu tidak saja Belanti Siam dan sekitarnya namun mencakup wilayah dan Potensi Pulang Pisau dari segi kesiapan lahan yang dimiliki masyarakat di semua bidang pangan,” kata Rifa’i.

Masyarakat desa Gohong yang mempunyai usaha rakyat telah mendapatkan program bantuan usaha, ini kata Ahmad Rifai merupakan jawaban atas persepsi bahwa ketahanan pangan merupakan program pangan secara luas sebab di desa Gohong penerima bantuan adalah untuk masyarakat lokal dengan usaha kerajinan, jamur tiram, perkebunan sengon dan tanaman lainnya.

Ketua DPRD yang ikut dalam penyaluran bantuan usaha rakyat didesa Gohong berharap bantuan yang diberikan mampu memberikan dampak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan hal tersebut akan menjadi perhatian pusat untuk program lainnya ke Pulang Pisau. ( rt/red )

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!