Sistem Pertanian Masyarakat Lakukan Pola Silang Capai Target Hasil Panen

Suryanto saat berada ditengah lahan pertanian melakukn intervensi tanaman untuk hasilkan panen melimpah. Foto : Aditya SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Petani dikawasan pengembangan food estate desa Belanti Siam terus melakukan upaya peningkatan hasil panen, strategi pengolahan hasil yang dilakukan masih memberikan nilai 4,7 ton per hektar.

Tak sedikit petani di kawasan food estate melakukan strategi peningkatan hasil secara mandiri, berbagai pola dilakukan mulai dari mencari pengetahuan bertanam secara online hingga mendapatkan ilmu dari berbagai program pertanian terpadu.

Bapak Suryanto salah satunya, petani di kawasan food estate merasa masih sangat kurang dalam mencapai hasil panen sehingga dirinya secara mandiri terus menerapkan pola pemeliharaan lokasi tanam padinya dengan berbagai pola.

Memilih jenis bibit, mencari pupuk serta obat-obatan yang diperlukan masih kerap memanfaatkan jasa pembelian online sehingga kini suryanto sudah pelahan menghasilakn padi kering per hektarnya hampir 5 ton.

Suryanto masih berharap pemerintah mengintervensi lahan pertanian dengan perbaikan saluran irigasi agar hasil panen semakin meningkat.

“ Yang kita lakukan adalah belajar dari bebagai sumber, itu mulai car tanam hingga pemeliharaan, tentu harapan saya panen akan meningkat dan pemerintah juga terus mempehatikan kami dari segi tata air sebab semua hal tersebut saling keterkaitan,” ucap Suryanto.

Sebagai petani yang sudah puluhan tahun menggeluti sistem pertanian jenis padi 4 bulan panen dirinya selalu membuat berbagai eksperimen untuk melihat sejauh mana kecocokan tanah dan cuaca sistem pertanian di desa belanti siam. *.*

Respon (66)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!