oleh

Rektor UNPAR Anugerahkan Gelar Doktor kepada Usis I. Sangkai

SK News, PALANGKARAYA – Putra terbaik Kalimantan Tengah yang saat ini menduduki jabatan strategis di Pemkab Pulang Pisau, Usis I. Sangkai mengikuti sidang terbuka Program studi doktor ilmu lingkungan program pasca sarjana universitas Palangkaraya, Palangkaraya, 13 April 2021.

Sidang promotor digelar di gedung rektor UNPAR dengan mematuhi protokol kesehatan serta diikuti secara daring oleh tim penguji dari UNLAM serta bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo .

Dalam penyampaian paparan sidang promosi doktor tersebut Usis I. Sangkai mengambil studi penelitian pertumbuhan tanaman belangiran dan laju emisi pada berbagai umur dan kondisi tanaman dilahan Gambut Kalimantan Tengah.

Sementara lokasi yang dijadikan penelitian Usis mengambil lokasi di desa Tumbang Nusa dimana lokasi ini dipilih dengan latar belakang bahwa di wilayah tersebut sering terjadi kebakaran hutan sehingga penelitian dimaksud Agar jenis tanaman ini dapat dikembangkan di wilayah tersebut untuk.mengembalikan hijaunya wilayah Tumbang Nusa.

Pada sesi uji kompetensi Usis diberikan beberapa argumentasi dari beberapa tim penguji sementara Usis terus memberikan penjabaran betapa pentingnya mengembalikan ekosistem pada lingkungan yang saat ini terjadi beberapa kerusakan akibat kebakaran hutan dan lahan di wilayah yang menjadi penelitian.

Rasa bangga sangat dirasakan promosius, Usis I. Sangkai Dimana dirinya mendapat kehormatan bahwa tim penguji yang juga Bupati Pulang Pisau di ujung acara hadir di lokasi sidang promosi doktornya dan ketua sidang langsung memberikan waktu 5 menit untuk menguji promosius dengan mengapresiasi bahwa ada ada satu ASN dilingkungan Pemkab yang mengambil gelar doktor.

” Kita ikut bangga bahwa ada salah satu ASN di lingkungan Pemkab Pulang Pisau mengikuti program studi doktor di UPR dengan hasil yang sangat memuaskan tentu ini akan semakin menambah SDM di Pulang Pisau untuk turut membangun daerah dengan cakupan ilmu yang beragam,’ ucap Edy yang hadir sebagai tamu penguji.

Menurut Edy bahwa saat ini gelar doktor sangat diperlukan dalam rangka menambah SDM yang ada diwilayah kabupaten Pemekaran sehingga jika saat ini pihaknya mendapatkan gelar doktor maka hal tersebut merupakan kebanggan dirinya terlebih bagi pemerintah daerah.

Penelitian tersebut di akhiri dengan pernyataan Usis bahwa penelitian yang dilakukan tidak lain adalah upaya dalam memanfaatkan lahan dalam merehabilitasi kembali fungsi hutan dan lahan di wilayah Pulang Pisau yang telah mengalami kerusakan cukup signifikan.

Dr. Andrie Elia selalu pimpinan sidang dan rektor UPR memberi nilai rata 88.98 lulus A sangat memuaskan dengan menyematkan dan memberikan anugerah gelar doktor kepada mahasiswa atas nama Usis I. Sangkai, S.,HUT., M. Si menjadi Dr. Usis I. Sangkai., M. Si.

” Ini adalah mahasiswa ke 9 di UPR sehingga alumni – alumni yang sudah meraih gelar akan dapat terjun dilapangan memberikan prestasi dalam membangun daerah untuk kemajuan Indonesia,” ucap Rektor UPT usai acara seraya memberikan apreasiasi bahwa anugrah doktor yang diberikan ke mahasiswa juga dihadiri oleh Bupati Pulang Pisau.

Pun demikian dengan Usia yang telah menyandang doktor mengucap syukur bahwa apa yang diraih merupakan rangkaian perjuangan dirinya dari 2016 lalu dan puji Tuhan saat ini telah dapatenyelesaikan studi program doktornya.

” Puji Tuhan hari ini saya telah mendapatkan gelar studi doktor saya dan harapan saya apa yang saya dapatkan akan lebih memberikan semangat untuk terus berkarya termasuk kepada mahasiswa lain agar memberikan dedikasinya ke UNPAR sebab selain dekat juga tidak terlalu banyak biaya dan sambil kerja pun bisa dijalani,” ungkap Dr. Usis. ( ad/red )

Redaksi / admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update