oleh

PMM 42 UMM Terjun ke Masyarakat berikan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan

SK NEWS, PULANG PISAU – Ditengah Pandemi Covid 19 yang masih belum berakhir tidak menjadikan halangan bagi Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang  ( UMM ) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk PMM ( Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ), Para Mahasiswa UMM dalam kelompok 42 ini terjun langsung ke masyarakat didesa Kanamit Barat kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah yang bekerjasama dengan pemerintahan desa setempat dan Karang Taruna.

Menurut salah seorang ketua kelompok mahasiswa kelompok 42 ini, Rofi’i Septiarini mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan dimaksud dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat Indonesia yang banyak mengalami perubahan akibat dampak Covid 19 dengan status darurat sehingga berdampak pada penurunan kesejahteraan sosial.

  • ” Kita dari Mahasiswa UMM kelompok 42 datang ke wilayah ini sebagai bentuk dan kegiatan kami dalam melaksanakan tugas kampus untuk terjun langsung ke masyarakat guna mengabdikan diri kepada masyarakat ditengah pandemi covid 19 yang masih belum berakhir dan harapan kami masyarakat akan sedikit banyak mendapatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan dan pemulihan ekonomi,” kata Rofi’i, Sabtu ( 29/8/2020 ).

Partisipasi dari kelompok UMM Malang ini dilaksanakan mulai 6 Agustus  dan akan berakhir tanggal 6 Sepmtember 2020 sehingga diharapkan kehadiran mereka sedapat mungkin bisa mengurangi dampak dan memberikan pemahaman pentingnya memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Namun pada saat ini Indonesia sudah mulai memasuki masa baru atau biasa disebut new normal dimana masyarakatnya dapat melakukan aktivitas tetapi diharuskan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah yang telah diberlakukan sejak 10 Juni 2020 lalu, protokol new normal sudah tertera dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020, namun realitanya masih banyak masyarakat yang belum mematuhi peraturan new normal tersebu dan terbukti dengan sejak diberlakukannya new normal angka penderita Covid-19 kembali lebih meningkat dari sebelumnya.

Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 42 PMM UMM 2020 menjalankan beberapa program kerja di Desa Kanamit Barat sebagai langkah untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 ini. Beberapa kegiatan yang dilakukan yakni berupa kegiatan sosialisasi masyarakat yang bekerja sama dengan remaja karang taruna mengenai pentingnya new normal dalam bermasyarakat. Tidak hanya itu, kegiatan juga berupa membagikan masker serta hand sanitizer gratis kepada lansia, anak-anak dan masyarakat umum dimana dapat meringankan kebutuhan masker serta hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan. Tak lupa, program kerja berupa pembuatan wastafel daur ulang bagi masyarakat umum juga dinilai efektif guna memperkecil potensi penyebaran covid-19 di Desa Kanamit Barat

Oleh karena itu, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa sebagai studi yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat diharapkan berguna dalam mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat secara berkelanjutan. ( red/rls )

Komentar

SK News Update