Pemdes Bukit Liti Ciptakan Taman Wisata Edukasi Dorong Dunia Pendidikan

  • Bagikan
Salah satu spot taman edukasi berupa rumah betang disamping spot lainnya dimanfaatkan murid untuk belajar diluar ruangan. Foto : Gerryawan.
SK News, BUKIT LITI – Menggairahkan dunia pendidikan saat ini dituntut sekolah untuk lebih kreatif menggunakan metode pembelajaran baik dalam ruang sekolah maupun diluar ruangan, taman edukasi di desa menjadi salah satu contoh yang patut dikembangkan untuk lebih memaksimalkan penyerapan ilmu pendidikan kepada anak murid.

Adalah kepala desa Bukit Liti, kecamatan Kahayan Tengah kabupaten Pulang Pisau, didesa ini pemerintah desa tidak saja konsen mengatur upaya kemajuan desanya namun salah satu bentuk lain yang dilakukan adalah dengan menciptakan taman wisata edukasi yang terbuka untuk umum.

Tepat berlokasi di belakang kantor pemerintahan desa taman wisata edukasi ini dibentuk dengan menciptakan berbagai monumen buatan mulai dari monumen Pansila, UUD 1945, peta Indonesia hingga rumah adat betang sebagai simbul kerukunan masyarakat dayak Kalimantan.

Kepala desa Bukit Liti, Heri Tuah menyampaikan bahwa taman edukasi sengaja diwujudkan dalam upaya memberikan fasilitas untuk dunia pendidikan sehingga selain pembelajaran di dalam ruangan pihak sekolah bisa datang langsung di taman edukasi tersebut.

Salah satunya kata Heri Tuah adalah adanya rumah betang mini satu diantara bentuk lain yang ada di lokasi tersebut, menurutnya sekolah bisa belajar lebih mudah dalam teknis pembelajaran diluar ruangan sambil berekreasi.

“ Taman edukasi ini kita ciptakan dalam rangka mendukung program pembelajaran sekolah diluar ruangan, sekaligus taman ini juga menjadi taman rekreasi bagi dunia pendidikan yang kedepan akan terus kami kembangkan dan sempurnakan dengan harapan masyarakat Bukit Liti dan sekitarnya akan merasakan manfaat dari keberadaan taman edukasi ini sebab banyak monumen mini yang kami buat disini termasuk rumah betang,” ucap Heri Tuah.

SDN Bukit Liti 1 salah satunya, sekolah yang berjarak paling dekat dengan kantor desa ini sangat menyambut baik gagasan kepala desa yang memberikan fasilitas untuk dunia pendidikan dan ini menurutnya sangat mudah diserap para murid untuk menerima pelajaran disamping sambil bermain serta berekreasi.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!