Desa Gohong Gelar Upacara Adat Mamapas Lewu

  • Bagikan

SK NEWS, KAHAYAN HILIR – Mengambil tempat di pasar Muruh desa Gohong kecamatan Kahayan Hilir, pengurus adat desa setempat menggelar ritual mamapas lewu, Selasa, ( 21/12/2021 ).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya membersihkan desa dari berbagai pengaruh buruk untuk selanjutnya memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat desa gohong agar terhindar dari mara bencana dan rintangan.

Menurut Ketua Panitia kegiatan, Martoyo bahwa acara ini digelar selama 3 hari sebagai adat mamapas lewu kegiatan melibatkan semua unsur dewan adat dayak serta pemerintah desa Gohong

Martoyo menjelaskan bahwa acara mamapas lewu merupakan ritual adat dayak yang digelar secara rutin nantinya didesa Gohong agar diperoleh suasana masyarakat yang hidup damai, penuh dengan kebersamaan dan kelancaran dalam segala kegiatan.

” Kita sudah melaksanakan ritual adat mamapas lewu ini selama 3 hari dan hari ini adalah puncaknya, keliling kampung telah kami laksanakan harapannya tidak lain adalah dalam rangka membersihkan desa dari pengaruh buruk dan mara bahaya lainnya sehingga masyarakat akan lebih baik lagi melaksanakan aktifitas dengan baik, semua pengaruh buruk hilang, ” terang Martoyo.

Kegiatan mamapas lewu yang baru pertama digelar di desa gohong ini juga dihadiri lengkap dari unsur dinas kebudayaan dan pariwisata, wakil ketua DPRD, Nova Silvia serta utusan dari pemerintah daerah.( aditya/red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!