Sinergy Pemanfaatan Limbah PLTU bersama Kejari

Inilah kunjungan kerja kepala kejaksan negeri pulang pisau ke lokasi Faba, PLTU Pulang Pisau. Foto : Geryawan SK News

SKNEWS, Pulang Pisau– Bersinergi terkait Pemanfaatan FABA (Fly Ash dan Bottom Ash) sebagai Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), Kejari Pulang Pisau dan PT. PLN Nusantara Power Pulang Pisau menandatangani Nota Kesepahaman pada hari Senin, 12 Juni 2023 di FABA Center yang berada di dalam kawasan PT PLN NUSANTARA POWER atau yang lebih dikenal dengan PLTU Pulang Pisau.

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan langsung oleh Dr. Priyambudi selaku Kepala Kejakasaan Negeri Pulang Pisau bersama tim Jaksa Pengacara Negara yang terdiri dari Kepala Seksi Perdata & TUN (Fuat Zamroni, SH) dan Kasubsi Datun (Ricky Sar M.P., SH) dengan Sdr. Fu’ad Arifin selaku Manager Unit PT. PLN Nusantara Power PLTU Pulang Pisau beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Priyambudi menyampaikan Apresiasi atas Program serta Kegiatan terkait Pemanfaatan hasil olahan FABA yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sebagai bahan/material konstruksi yang telah memenuhi uji kelayakan. Selanjutnya Dr.Priyambudi berharap Kerjasama terkait Pemanfaatan FABA tersebut dapat berlangsung kedepannya.

Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) yang dahulu dianggap “Limbah” namun saat dapat dikatakan sebagi “Berkah”, merupakan partikel halus (berupa abu) sisa hasil pembakaran batubara, abu yang naik dan terbang disebut fly ash sedangkan yang tidak naik disebut bottom ash. Sumber utama FABA berasal dari proses pembakaran batubara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Selanjutnya, saat ini FABA dikategorikan menjadi Limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pemanfaatan FABA sebagai Corporate Social Responsibility (CSR) dari kawasan PT PLN NUSANTARA POWER nantinya akan menjadi program kolaborasi bersama Kejari Pulang Pisau untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Pulang Pisau, baik itu untuk keperluan/kebutuhan pembangunan tempat-tempat ibadah ataupun rumah warga miskin yang kurang layak huni, pembuatan jalan rintisan/jalan lingkungan desa, pemanfaatan oleh UMKM ataupun BUMDES, dan lain sebagainya.

Penandatanganan MoU dengan PT PLN Nusantara Power ini merupakan Perpanjangan dari Penandatanganan Nota Kesepahaman sebelumnya. Selanjutnya, dalam pertemuan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau beserta rombongan juga diundang untuk melihat tempat penimbunan sisa hasil pembakaran batubara (FABA) dan juga Workshop Pemanfaatan FABA tersebut. *.*

Respon (62)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!