Perbaharui Sistem Sewa Alsintan

Alsintan (combine) milik Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan, mesin combine ini sangat diperlukan petani ketika musim panen tiba.Foto: Said SK_News.
Anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto.

SKNews, Seruyan – Dinilai masih belum maksimalnya sistem sewa alat dan mesin pertanian (alsintan), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan diminta untuk memperbaharui sirkulasi sistem penyewaan alsintan bagi petani.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Bejo Riyanto mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat khususnya para petani yang haknya tidak terakomodir dengan baik. Salah satunya terkait dengan combine untuk membantu  dan memudahkan aktivitas pertanian.

“Pemda Seruyan memiliki 3 unit combine namun sistem sewa bagi petani masih keliru karena banyak petani yang belum bisa menggunakan combine, karena menumpuk di satu lokasi,” katanya, Minggu, (18/6/23).

Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan ini kedepannya sirkulasi sistem sewa combine dapat diperbaharui atau diaatur kembali. Sehingga setiap petani dapat menyewa combine dan bisa memaksimalkan hasil panen.

“Kenyataanya mesin combine yang disiapkan oleh pemerintah daerah justru menimbulkan konflik di masyarakat, karena saling memperebutkan untuk menyewa,” ujarnya.

Diharapkan, untuk petani yang menyewa combine tidak hanya berpusat di satu lokasi, namun dapat melayani masyarakat petani di daerah lain yang juga ingin menyewa combine milik pemda. *.*

Respon (27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!