oleh

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Mulai Pendataan Hewan Sapi dan Kambing

-Serba Serbi-157 views
SK NEWS, PULANG PISAU – Sebagai daerah pemasok daging sapi terbesar di Kalimantan Tengah jelang Hari Raya Idul Adha daerah ini mulai merasakan peningkatan permintaan hewan sapi untuk persiapan kebutuhan hewan kurban termasuk masyarakat di luar Pulang Pisau.

Guna menjamin kesehatan hewan – hewan yang berasal dari Pulang Pisau Dinas Pertanian melakukan invetarisasi hewan milik petani yang sudah memasuki usia syarat digunakan sebagai hewan kurban agar sehat dan aman di konsumsi.

Slamet Untung Rianto sebagai Kepala Dinas Pertanian menegaskan bahwa melalui bidang peternakan diharapkan semaksimal mungkin mengendalikan peredaran hewan milik petani agar dalam penjualan yang dilakukan mendapat jaminan bahwa hewan yang dijual adalah sehat sebagaimana syarat hewan kurban.

“ Saya mengintruksikan kepada bidang peternakan untuk konsentrasi melakukan validasi data hewan baik sapi dan kambing sehingga jelang Idul Adha 2021 ini kkita jelas dan menjamin sapi hyang di gunakan baik hewan Kurban dan Kebutuhan konsumsi lainnya sehat dan aman,” kata Slamet seraya menjelaskan bahwa dengan validasi maka populasi hewan yang ada di Pulang Pisau dapat dikendalikan dengan baik dalam rangka kesejahteraan peternak.

Dijelaskan Slamet bahwa sentra penggemukan dan peternakan sapi banyak terdapat di daerah Maliku dan Pandih Batu sehingga menjelang Idul Adha bidang terkait agar fokus dalam mengawasi hewan baik sapi dan kambing di daerah tersebut sebelum di bawa keluar Pulang Pisau.

Dinas Pertanian bidang Peternakan kini telah mulai melaksanakan pendataan hewan milik petani yang ada di seluruh wilayah Pulang Pisau dengan harapan sapi yang keluar wilayah semua masuk dalam data validasi jumlah hewan dalam rangka pengendalian populasi keberadaan hewan yang dimiliki Pulang Pisau. ( sr/red )

Komentar

SK News Update