Jejak Perintis Masjid Al Iklas Anjir Pulang Pisau, Ustd. Suryadi

  • Bagikan
Masjid Al Iklas yang dibangun tepat di jalan lintas Trans desa Anjir Pulang Pisau dan sering dimanfaatkan masyarakat pengguna jalan tersebut/ Foto : Aditya

SK News, PULANG PISAU – Pengurus Masjid Al Ikhlas Desa Anjir Pulang Pisau terus berinovasi dengan memfungsikan Masjid sebagai pusat peradaban. Salah satunya,dengan memfungsikan pekarangan masjid untuk membangun lapangan bulu tangkis (badminton) sebagai wadah penyaluran bakat dan tempat berolah raga bagi masyarakat sekitar.

” Jadi, saya mulai mulai berfikir bagaimana caranya mendekatkan orang dulu ke masjid dengan membangun lapangan bulu tangkis (Badminton). Sebab, kalau saya menyuruh orang datang ke masjid itu sangatlah berat. Namun, sejak adanya lapangan bulu tangkis, banyak orang mulai mendekat meskipun hanya duduk-duduk di teras masjid saja. Alhamdulillah, lama-lama mulai tergerak hatinya untuk menjalankan Sholat berjamaah, ” ucap H Ustad Suryadi, S.Pdi.

Bersama sang Istri, Ustad Suryadi selalu berdiskusi dan meminta saran dan masukan untuk kemajuan dan pengembangan Masjid, salah satunya tercetus ide untuk membuat Inovasi Program Jumat Berkah. Dimana setiap hari Jumat, kata Suryadi, istri saya menyiapkan aneka kue untuk disajikan di masjid dan di makan secara bersama-sama usai menjalankan Shalat Jumat.

” Jadi, pada saat berkumpul bersama usai Shalat Jumat itu, kami makan bersama dan sekaligus kita dijadikan wadah untuk berdiskusi, menerima saran dan masukan dari para jemaah kepada pengurus masjid untuk pengembangan pembangunan Masjid ke depan, ” terang Ustad Suryadi

Pria yang juga menjabat Ketua MUI Kabupaten Pulang Pisau itu menjelaskan bahwa dari pelaksanaan Program Jumat Berkah itu, kemudian membuat Program Subuh Ahad, dimana setelah melaksanakan Sholat Subuh setiap hari Minggu (Ahad), melakukan sarapan pagi (makan bersama) di masjid.

” Namun, semenjak Pandemi Covid-19 ini, Program Jumat Berkah dan Subuh Ahad kita hentikan. Karena Covid-19 sudah melandai, Insyaallah, program ini akan kita jalankan lagi, ” ucapnya

Untuk pengembangan sarana di lingkungan masjid, selain sudah membangun lapangan badminton, ke depan juga berencana membangun lapangan futsal out door, bola voly. Kemudian, di bidang pendidikan sudah berdiri dua bangunan TK Al Ikhlas. Meskipun pembangunannya belum selesai, kata Suryadi, belum terpasang pintu dan jendela, tetapi saat ini sudah muridnya dan sudah aktif belajar mengajar.

Ustad Suryadi menuturkan, karena sudah beberapa kali barang-barang seperti genset, seperangkat alat elektronik, jam dan kotak amal Masjid Al Ikhlas hilang sehingga pada malam pintu masjid kunci. Solusinya, Masjid Al Ikhlas menyediakan rumah singgah bagi masyarakat (Musafir) yang kemalaman dan ingin menginap di masjid.

Rencana ke depan, pengurus Masjid Al Ikhlas akan membangun lapak-lapak untuk berjualan hasil alam, seperti buah-buahan dan sayuran bagi masyarakat sekitar.

” Karena saat musim buah, disini buah seperti durian, rambutan sangat melimpah. Nah, nanti warga masyarakat bisa menjualnya di lapak-lapak yang sudah kita siapkan sehingga diharapakan bisa membatu peningkatan ekonomi masyarakat, ” pungkasnya

Ustad Suryadi mengucap Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, berkat doa dan dukungan Istri dan anak-anak serta kelurga besarnya, para donatur serta masyarakat luas, khususnya masyarakat Desa Anjir Pulang Pisau sehingga dapat menjalankan Amanah dengan baik dari Mertua mewujudkan pembangunan Masjid Al Ikhlas Desa Anjir Pulang Pisau dengan sarana dan prasarana serta fasilitasnya pendukung lainnya, sehingga masjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah semata, tetapi juga bisa dimanfaatkan dengan kegiatan dunia lainnya.

” Insyaallah, perjuangan kami belum selesai, dan akan terus melakukan inovasi dengan perluasan pembangunan fasilitas pendukung lainnya sehingga sarana dan prasarana yanh ada di masjid ini bisa untuk berbagai kegiatan dunia dan akhirat, khususnya dalam menyambut Tamu Allah, ” tutupnya. *.*

Penulis: Aditya Editor: Supiani
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!