oleh

Dinkes Gelar Sosialisasi Mawas Diri

SK News PULANG PISAU – Dinas kesehatan melalui puskesmas Pulang Pisau menggelar sosialisasi survey mawas diri sebagai tindak lanjut mendeteksi dini permasalahan desa untuk dicarikan solusi penanganannya dilapangan.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah desa anjir pulang pisau dan dibuka secara resmi oleh camat kahayan hilir, Sugondo dimana peserta kegiatan berasal dari kelompok masyarakat yang ada di desa anjir Pulang Pisau.

Dalam kegiatan survey mawas diri yang digelar oleh puskesmas Pulang Pisau tersebut menghadirkan pembicara dari dokter RSUD Pulang Pisau serta dinas kesehatan sehingga peserta kegiatan diharapkan mampu menyerap maksud dan tujuan kegiatan dimaksud.

Usai pembukaan kepada media Sugondo selaku camat kahayan hilir menyampaikan bahwa survey mawas diri sebagai upaya menurunkan angka stunting sehingga peserta nantinya akan semaksimal mungkin mengetahui kondisi masyarakat sekitar untuk dicarikan solusi oleh pihak yang berkompeten.

“Saya berharap sosialisasi mawas diri ini dapat direspon dengan baik oleh kepala desa dengan demikian setiap RT sedapat mungkin tanggap kondisi Kesehatan warga sekitarnya,” Kata Sugondo.

 

Sementara Budung sebagai kepala desa Anjir Pulang Pisau menilai bahwa pihaknya mengakui bahwa kondisi masyarakat desa anjir masih sangat diperlukan polesan dalam gerakan kesehatan masyarakat dan hadirnya survey mawas diri sangat tepat dan pihaknya akan menggerakkan komponen kelompok masyarakat untuk tanggap masyarakat sekitar dan dilaporkan ke tim survey mawas diri.

 

“Masyarakat desa Anjir ini sangat memerlukan polesan dalam melakukan penanganan Kesehatan masyarakat, saya berharap dinas terkait atau pukesmas lebih intensif melakukan Langkah dalam sosialisasi permasalahan Kesehatan desa agar apa yang menjadi target sosialisasi desa mawas diri tercapai ,” kata Budung.

Kahayan hilir di sebut sebagai daerah diantara kecamatan se-kabupaten pulang pisau yang angka stuntingnya sangat tinggi sehingga kampanye – kampanye gerakan sadar gizi semaksimal mungkin terus dilakukan dinas kesehatan dan jajarannya sehingga nilai yang terkandung dalam kegiatan survey mawas diri akan dapat memberikan gambaran kondisi setiap desa di wilayah pulang pisau yang selanjutnya diberikan penanganan khusus nantinya.(my/red)

Komentar

SK News Update