oleh

Budidaya Ikan Patin sebagai Usaha Mandiri Masyarakat pada Program CSR PLTU

-Serba Serbi-213 views
SK NEWS, PULANG PISAU – Perusahaan Kelistrikan yang ada di Pulang Pisau kembali meluncurkan program CSR-nya dalam bentuk pemberdayaan masyarakat di desa Mentaren 2 dengan mengembangkan budidaya ikan patin Bersama Kelompok Budidaya Sumber Lestari.

Terdapat Sedikitnya 4000 ekor ikan patin di kembangkan oleh kelompok tani  yang diketuai oleh Suwandi dengan fasilitas yang diberikan oleh PLTU Pulang Pisau sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat menciptakan usaha mandiri.

 

Suwandi sebagai ketua kelompok beranggotakan 9 orang menyebut bahwa bantuan yang diberikan PLTU sangat membantu ekonomi masyarakat dalam berusaha dibidang perikanan.

“ Kita mendapat bantuan mesin dan 4000 ekor bibit ikan patin yang kami kembangkan pada kolam diantara 11 kolam yang kami miliki Bersama anggota kelompok yang berjumlah 9 orang selama ini,” kata Suwandi seraya berharap kehadiran PLTU akan terus membuat kelompok ini semakin mandiri dengan fasilitas lengkap.

Sementara general manager PLTU Pulang Pisau, Munif  yang disaksikan UPDK PLN Palangkaya berharap dengan panen perdana tersebut akan melakukan evaluasi untuk pengembangan budidaya ikan dengan melibatkan masayarakat yang lebih banyak lagi mengingat percobaan perdana yang diberikan kepada kelompok tani ternyata sangat direspon dengan baik.

“ Setelah uji coba ini kami rasa dapat bermanfaat dengan baik maka kedepan akan kita coba pengembangan yang lebih luas agar memang hadirnya PLTU ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk bisa mandiri dalam usaha disamping juga harapan kami adalah membantu masyarakat sekitar ring 1 untuk membuat peluang kerja yang beragam,” kata Munif.

Di akhir kegiatan seluruh yang hadir mencoba untuk melakukan pancing ikan di area kolam yang menjadi binaan PLTU Pulang Pisau dan nampak kehadiran seluruh rombongan menjadikan ajang mancing bareng adalah ajang kebersamaan dalam upaya bersama menjalin kemitraan dengan menghadirkan berbagai pihak seperti polres, kepala desa, dinas perikanan serta awak madia. ( sr/red )

Komentar

SK News Update