Bina Kerukunan bersama Kejaksan Negeri Pulang Pisau

  • Bagikan
Kejari Pulang Pisau saat menghadiri pencanagan kampung toleransi di des hanjak maju Pulang Pisau. Foto : rls / Reryawan SK News

SKNEWS, PULANG PISAU – Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr.Priyambudi,S.H.,MH yang juga selaku Ketua Tim PAKEM dan Dewan Pembina FKUB menghadiri pencanangan Desa Sadar Kerukunan di Desa Hanjak Maju, Kec.Kahayan Hilir, Kab.Pulang Pisau. Senin (16/10/2023)

Pencanangan Desa Hanjak Maju sebagai Desa Sadar Kerukunan merupakan upaya mewujudkan kerukunan dan keharmonisan hubungan antar pemeluk agama di Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam sambutannya Dr.Priyambudi menyampaikan “Bahwa realitanya, masyarakat Pulang Pisau merupakan masyarakat majemuk yang memiliki berbagai perbedaan suku dan agama namun diikat oleh tali persaudaraan yang rukun serta senatiasa memandang kemajemukan sebagai potensi dan kekayaan yang dikaruniakan Tuhan bagi daerah ini.”

Kajari menambahkan “Desa Hanjak Maju ini dapat menjadi role model bagi desa lain, di Kabupaten Pulang Pisau dalam mengelola perbedaan, mengelola kerukunan, sebagai khazanah budaya bangsa yang harus dirawat dan dilestarikan”.

Kegiatan positif kali ini juga harus didukung oleh masyarakat dengan senatiasa didengungkan dan menggalakkan toleransi untuk mengantisiapasi potensi konflik di antara Suku, Ras, dan Agama sehingga kehidupan damai dan harmonis di tengah-tengah masyarakat senatiasa bisa terpelihara.

Pada rangkaian kegiatan Pencanangan Desa Sadar Kerukunan tersebut, terlebih dahulu dilakukan Dialog Tokoh Lintas Agama oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Pulang Pisau Tahun 2023 dengan mengangkat Tema “Merawat Kerukunan menjelang Tahun Politik”. Tidak ketinggalan Kasi Intel Kejari Pulang Pisau Mugiono Kurniawan,S.H.,M.H selaku perwakilan Kejari Pulang Pisau bertindak sebagai Narasumber dengan memberikan Paparan tentang “Sikap dan Langkah Preventif serta Protektif para elemen tokoh Agama dalam mengawal Pemilu yang Jujur dan Damai”

Pencanangan Desa Sadar Kerukunan dan Dialog Tokoh Lintas Agama tersebut juga dihadiri Staf Ahli Bupati, Ketua DPRD Kab. Pulang Pisau, Kasat Binmas mewakili Kapolres, Danramil Kahayan Hilir mewakili Dandim 10/11 KLK, perwakilan FKUB Prop. Kalteng, Kanwil Kemenag Prop. Kalteng, para tokoh lintas agama, Kemenag Kab. Pulang Pisau, Kades Hanjak Maju, Cmat Jahayan Hilir, dan FKUB Kab Pulang Pisau.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!