Belajar bersama ke Gedung Dewan Balangan

  • Bagikan

SKNEWS, PARINGIN – Puluhan siswa-siswi SMAN 1 Paringin mendatangi gedung DPRD Kabupaten Balangan, untuk mempelajari tupoksi legislatif, Kamis (3/2/2022).

Guru pembimbing Khairunnisa mengungkapkan, tujuan dari kunjungan ke gedung DPRD Balangan tersebut untuk memperkenalkan kepada anak didik bagaimana tugas pokok dan fungsi legislatif.

“Ini merupakan bagian dari materi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X. Diharapkan anak didik memahami Tupoksi legislatif bukan hanya dari teori,” ujarnya.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, sebutnya, kunjungan ke DPRD Balangan ini dibagi menjadi tiga kelompok dan bergantian selama tiga hari. Kelompok pertama yang berkunjung ini ada 50 orang. Total ada 190 pelajar kelas X yang akan melakukan kegiatan serupa.

Kedatangan para siswa disambut oleh pegawai sekretariat DPRD Balangan, Hendra Surya Gunawan. Tidak ada satu pun anggota legislatif yang menyambut secara langsung para siswa lantaran semuanya sedang ada kegiatan.

“Tugas dan fungsi utama anggota DPRD itu ada tiga, yaitu budgeting, controling dan legislasi. Sehingga dewan berhak mempertanyakan dan tidak menyetujui sebuah keputusan pemerintah jika tidak sesuai aturan atau merugikan masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut Surya mengapresiasi inisiatif dari guru yang mengajak para pelajar langsung berkunjung ke gedung DPRD Balangan.

Ia berharap dari ratusan siswa-siswi ini nantinya termotivasi untuk menjadi generasi penerus anggota dewan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!