oleh

Menengok Potensi Desa Sidodadi Kotoran Sapi Disulap Jadi Pupuk Organik

-Maliku-460 views

SKNews – Pulang Pisau – Desa Sidodadi, Kecamatan maliku, Kabupaten Pulang Pisau merupakan desa yang memiliki luas kurang lebih 3.600 hektar. Berpenduduk sekitar 11.150 jiwa (350 KK), hampir penduduknya berasal dari Jawa.

Sekitar 90 persen warga menggantungkan hidup sebagai petani, diantaranya karet, sawit, sengon, yang diselingi beternak sapi dan kambing. Sidodadi merupakan salah satu desa pemenang lomba desa yang meraih juara II lomba Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tingkat Provinsi Kalimantan Tengah beberapa tahun lalu.

Kini Desa Sidodadi terus berbenah. Dengan potensi yang dimiliki terutama budidaya ternak sapi yang melimpah menjadikan Desa Sidadi layak menjadi desa percontohan.

Uniknya, tidak hanya berternak sapi, masyarakat setempat juga mampu mengolah kotoran sapi menjadi berguna, salah satunya menjadi pupuk organik bagi pertanian desa itu.

“Di desa kami kotoran sapi tidak terbuang sia-sia, disini kami mengolahnya dan memproduksi kotoran sapi menjadi pupuk organik untuk dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman petani di desa kami,” ujar Ali Husni, Kepala Desa Sidodadi ketika diwawancara media ini belum lama tadi.

Ali Husni juga mengatakan, produksi pupuk organik olahan Desa Sidodadi ini tidak hanya dimanfaatkan oleh petani di desa setempat, tetapi juga dimanfaatkan oleh kabupaten lain di wilayah provinsi Kaimantan Tengah.

“Kami sering mendapat orderan pupuk organik olahan kami dari kabupaten lain, bahkan orderan kian hari semakin banyak,” kata Ali Husni.

Dia berharap, dengan potensi yang dimiliki Desa Sidodadi saat ini mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat Desa Sidodadi.

“Ini akan terus mengembangkan potensi yang ada, baik di bidang peternakan, pertanian dan pengolahan limbah peternakan sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa kami,” tutup Ali Husni. asri/rt/red

Komentar

SK News Update