Uji Publik Penataan DAPIL pada Legislatif Pemilu 2024

  • Bagikan
Uji Publik KPU Pulang Pisau dalam upaya penataan Daerah Pemilihan di Pulang Pisau, Bappeda, Jumat ( 9/12/22 ). Foto : Aditya
SKNEWS, PULANG PISAU – KPU Pulang Pisau menggelar agenda penting hadapi pemilu 2024 mendatang, satu diantaranya adalah dengan menggelar uji publik penataan daerah pemilihan di wilayah Pulang Pisau.

Uji publik merupakan agenda yang menjadi dasar komisi pemilihan umum membuat pemetaan daerah pemilihan bagi peserta pemilu legislatif di wilayah Pulang Pisau yang selama ini adalah 3 dapil.

Melihat kondisi jarak dan peta wilayah yang ada sejumlah usulan disampaikan untuk melakukan penambahan daerah pemilihan dari 3 dapil menjadi 4 dapil.

Namun demikian mengacu dengan peraturan KPU disampaikan bahwa KPU Pulang Pisau menjalankan ketentuan yang diterapkan secara nasional sehingga sangat sulit jika dapil ditambah dengan kondisi jumlah penduduk yang tidak memenuhi syarat.

Dalam peraturan yang ditetapkan KPU RI bahwa untuk jumlah pendudukan antara 100 ribu hingga 200 ribu jiwa hanya mendapat alokasi wakil rakyat sebanyak 25 orang sementara Pulang Pisau adalah wilayah yang hanya memiliki jumlah penduduk 136 ribu jiwa sehingga masuk dalam kategori tersebut yakni 25 kursi dewan dan 3 daerah pemilihan yang juga penggabungan dari beberapa kecamatan terdekat.

Ketua KPU Pulang Pisau, Yuliana menyampaikan apresiasi kepada masyarakat untuk merespon dalam mensukseskan pemilu namun demikian masukan dan saran akan dijadikan bahan masukan dalam forum rapat berjenjang.

“ Sebagai dasar kami untuk tahapan pilkada juga dengan menggelar uji publik penataan daerah pemilihan, atas usulan masyarakat Pulang Pisau menjadi 4 daerah pemilihan hal tersebut tidak memenuhi syarat namun demikian hasil uji publik dan beberapa masukan akan dijadikan bahan usulan kepada KPU secara berjenjang,” kata Yuliana.

Agenda uji publik penataan daerah pemilihan juga dihadiri oleh sejumlah pengurus partai, tokoh masyarakat  serta camat se-kabupaten Pulang Pisau, diharapkan pertemuan tersebut menjadi hal penting sukseskan pemilu 2024 mendatang.*.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!