Promosikan Olahan Bahan Lokal Aman Melalui B2SA

  • Bagikan
Pj Bupati Seruyan, Djainuddin Noor (kiri), didampingi Kepala DKPP setempat, Albidinnoor (kanan), ketika menyerahkan hadiah kepada peserta kegiatan BS2A. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Dalam rangka mempromosikan dan memberikan contoh olahan dari bahan lokal aman untuk dikonsumsi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan menyelenggarakan dapur sehat beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Penjabat Bupati Seruyan, Djainuddin Noor menyampaikan, istilah pangan B2SA merupakan perapaduan dari berbagai macam jenis makanan, baik hewani maupun nabati tentu yang sangat baik  sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

“B2SA juga diartikan sebagai makanan bergizi yang mengandung zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh, dan seimbang dikonsumsi sesuai kebutuhan individu masing-masing, serta aman harus bebas dari cemaran fisik dan zat berbahaya lainnya,” katanya, Sabtu, (6/1/24).

Pj Bupati menjelaskan, dalam upaya untuk peningkatan keanekaragaman konsumsi pangan ini, pemda berupaya selalu mempromosikan, meningkatkan pengetahuan, dan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi aneka ragam pangan serta gizi yang seimbang.

“Kita juga meningkatkan keterampilan dalam mengembangkan olahan lokal dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam pengolahan pangan lokal,” ujarnya.

Pj Bupati menjelaskan, manfaat dari B2SA ini tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, karena setiap makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kondisi tubuh. “Tentunya jika asupan makan tidak teratur akan berdampak terhadap gizi buruk atau bahkan obesitas,” tutupnya. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!