oleh

Petani Desa Mulyasari Belum Bergairah, Jalan Rusak dan hasil Panen Sulit Keluar

-Serba Serbi-244 views
SK NEWS, PULANG PISAU – Pemerintah daerah kabupaten melalui dinas pertanian terus menyisir lokasi baru dalam rangka mengembangkan area perluasan ketahanan pangan nasional mulai dari melacak lokasi pertanian diluar area food estate desa Belanti Siam dan Gadabung.

Pulang Pisau terdapat ratusan hektar lahan sawah yang belum tergarap dengan baik dari berbagai wilayah kecamatan se kabupaten Pulang Pisau baik dari segi insfrastruktur dan pengelolaan lahan menuju hasil padi yang maksimal.

Desa Mulyasari dan sekitarnya salah satunya, di desa ini lahan pertanian masih terisolasi dengan kendala terbesar adalah insfrastruktur jalan namun hasil padi di lahan tersebut sangat potensial dikembangkan sebagai area perluasan lahan food estate.

Saimo salah seorang petani yang puluhan tahun mengelola area ini mengaku sangat berat untuk mengeluarkan hasil panen sehingga diharapkan pemerintah hadir dalam dalam rangka membantu kesulitan petani di lokasi ini.

“ Petani disini adalah petani tradisional secara turun temurun mereka menggeluti pertanian dengan tanaman padi, namun pada umumnya petani disini masih sangat terkendala dengan sarana jalan yang tidak memadai, hasil panen sering terlambat mengeluarkan akibat jakan yang rusak berat,” tutur Saimo seraya berharap pemerintah bisa memberikan daya dukung untuk kemajuan pertanian desa Mulyasari.

Saimo menerangkan bahwa jika musim panen datang petani sangat kesulitas mengeluarkan hasilnya dan tak segan harus maenunggu air pasang dan mengangkutnya dengan alat sederhana melalui jalur saluran air yang juga telah banyak tertutup rerumputan.

Jika pemerintah memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan petani maka lokasi tersebut justru akan menambah deretan lokasi perluasan ketahanan pangan nasional dan bukan saja belanti siam namun desa mulyasari akan menjadi lahan siap untuk menopang ketahanan pamngan nasional. ( sr/red )

 

#TETAP JAGA PROTOKOL KESEHATAN, PERKAYA REFERENSI DENGAN INFORMASI#

Wartawan Suara Kahayan NEWS selalu dibekali dengan Kartu PERS serta terdaftar di box Redaksi. admin

Gambar Gravatar
Jika ada pihak yang merasa dirugikan, silahkan hubungi redaksi kami di WhatsApp 0811 504141

Komentar

SK News Update