Penguatan Program Kerja, Ketua BNN Kalteng Sambangi BNN Kabupaten

  • Bagikan
Inilah momentum saat ketua BNN Kalteng berada dalam satu meja di BNN Pulang Pisau dalam rangka penguatan program kerja daerah, Foto : Aditya SK News.

SKNEWS, PULANG PISAU – Ketua Badan Narotika Kabupaten Pulang Pisau yag juga Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi, SH., MH menerima kunjungan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah, Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si. Ketua BNK Pulang Pisau didimpangi oleh Ketua Kepala Pelaksana Harian, Bapak Sugondo (Kepala Badan Kesbangpol Kab. Pulang Pisau), Wakil Kepala Sekretariat Mandau Bakti S.H, M.H. (Kasubagbin Kejari Pulang Pisau), Ketua Bidang Pencegahan Dr.Supriyadi (Kadis Perhubungan), Ketua Bidang Penegakan Hukum (Kasatres Narkoba Polres Pulang Pisau) AKP Sonny, dan Chabib Sholeh,S.H (Kasubsi Penuntutan Kejari Pulang Pisau).

Kunjungan Kepala BNNP Kalteng kali ini dalam rangka penguatan kepada BNK Pulang Pisau yang baru terbentuk dan direncanakan akan melaksanakan pelantikan pada akhir bulan Maret 2023. Dalam audiensi tersebut Kepala BNNP juga banyak menyampaikan hal – hal inovatif dari berbagai program dan kegiatan BNNP Kalteng yang banyak dilaksanakan di wilayah Kalimantan Tengah, diantaranya kegiatan di Kampung Puntun, Kota Palangkaraya, kemudian kegiatan inovatif di Kabupaten Gunung Mas sehingga banyak best practice yang disampaikan Kepala BNNP yang diharapkan bisa dicontoh oleh BNK Pulang Pisau.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BNK Pulang Pisau juga menyampaikan perkembangan BNK Pulang Pisau, bahwa dalam waktu dekat yaitu sekitar akhir bulan Maret 2023 akan mengundang Kepala BNNP Kalteng untuk hadir dalam acara pelantikan kepengurusan baru BNK Pulang Pisau. Kemudian Dr.Priyambudi juga menyampaikan rencana program kerja, diantaranya akan membentuk Desa BERSINAR (Bersih dari Narkoba) di setiap Kecamatan, dengan minimal 1 desa pada tiap kecamatan. Selanjutnya, akan memilih Duta Anti Narkoba, kemudian aktif dalam menggencarkan sosialisasi yang berkolaborasi dengan Badan KESBANGPOL. Hal penting lainnya yang menjadi rencana Program BNK Pulang Pisau adalah dengan mengajak Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk lebih aktif supaya mempunyai kepedulian yang akan berdampak pada tumbuh kembangnya Political Will (kemauan politik dari pemerintah atau para pengambil kebijakan), supaya menggerakan lebih aktif para OPD untuk terlibat dalam pencegahan dan pemberantasan Narkoba di Kabupaten Pulang Pisau

Selain itu BNK Pulang Pisau menyambut baik kunjungan kerja Kepala BNNP Kalimantan Tengah ini karena terkait juga dengan pemetaan atau pengenalan medan di Kabupaten Pulang Pisau, mengingat Kabupaten Pulang Pisau memiliki 2 Pelabuhan, yang pertama Pelabuhan Pelindo di Kecamatan Kahayan Hilir dan Pelabuhan Bahaur di Kecamatan Kahayan Kuala. Satu hal yang menjadi perhatian adalah bahwa Pelabuhan Bahaur merupakan jalur keluar masuk arus barang dari Jawa khususnya Jawa Timur, dan juga ada jalur laut dan sungai menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Atas hal tersebut, ada potensi titik kerawanan sebagai jalur distribusi Narkoba. Selanjutnya Ketua BNK menugaskan beberapa personil untuk mendampingi kunjungan kerja Kepala BNNP Kalteng ke wilayah Bahaur dalam rangka antisipasi dan pengenalan medan di Kabupaten Pulang Pisau.

Harapan Ketua BNK Pulang Pisau untuk kedepannya BNK Pulang Pisau terus mendapat back up, support dan pembinaan dari BNNP Kalteng dalam melaksanakan program kegiatan dan inovasi. “Dalam pelaksanaan tugas pencegahan dan pemberantasan narkoba tentu sangat dibutuhkan peran stakeholder terkait, baik sesama Aparat Penegak Hukum ataupun pihak Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, terutama partisiasi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan juga Political Will dari Pimpinan di Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau utuk memberikan dukungan dalam berbagai bentuk kepada BNK dan supaya berperan mendorong OPD dan perangkat pemerintahan baik kecamatan hingga ke desa – desa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan yang nantinya diselenggarakan oleh BNK Kabupaten Pulang Pisau, sehingga jika masyarakat terbebas dari penyalahgunaan narkoba maka akan mewujudkan masyarakat Pulang Pisau yang sejahtera” tutur Dr. Priyambudi. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!