Pelayanan Administrasi Penduduk Perlu Ditingkatkan

  • Bagikan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Hary Darmawan, saat mengikuti kegiatan rapat paripurna. Foto: Said.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan perlu meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di desa-desa pelosok wilayah setempat, mengingat warga banyak kesulitan jika harus mengikuti pelayanan di kecamatan maupun ibu kota kabupaten.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Hary Darmawan mengatakan, banyak masyarakat khususnya di desa terpencil seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) III, meminta pengurusan administrasi penduduk itu bisa dipermudah, misalnya bisa melalui pemerintahan desa (pemdes).

“Di desa Dapil III itu sebagian dari mereka yang hendak mengurus administrasi seperti E-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan sebagainya itu harus pergi ke kecamatan atau kabupaten dulu, ini tentu sangat menyulitkan,” katanya, Senin, (25/4/2022).

Menurutnya, jika masyarakat harus ke kecamatan maupun ibu kota kabupaten tentu harus melakukan perjalanan yang cukup jauh ditambah lagi dengan biaya transportasi yang juga tentu sangat mahal. Belum lagi perlunya waktu yang tidak mungkin dalam 1 atau 2 hari semua urusan bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Diharapkan, kedepannya pemda melalui instansi terkait yakni Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bisa memberikan solusi, seperti membuka pelayanan di setiap desa pelosok secara berkala untuk mempermudah melakukan perekaman. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!