oleh

Pasien Positif yang Sembuh Tidak Menularkan Covid-19 Lagi

-Serba Serbi-303 views

SKNews – Pulang Pisau : Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengungkapkan, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis tidak akan menularkan lagi virus yang sama kepada orang lain.

“Jadi aman, seorang pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dan telah menjalani perawatan oleh tim medis serta sudah di swab dengan hasil 2 kali negatif kemungkinan besar tidak menularkan lagi virus yang sama kepada orang lain,” kata Muliyanto saat dibincangi media ini, Selasa (16/6/2020) di Pulang Pisau.

Muliyanto memberikan contoh, seorang pasien yang sudah dinyatakan sembuh dan dirawat di RSUD Pulang Pisau dapat kembali berbaur di tengah masyarakat tanpa harus takut menularkan virusnya lagi. “Pasien sembuh bahkan kita berikan surat sehat sebagai bentuk penghargaan karena sudah bersedia dirawat di RSUD Pulang Pisau dan sembuh,” ujarnya.

Pernyataannya tentang pasien positif sembuh tidak menularkan virus Covid-19 lagi itu , menurut Muliyanto, didasarkan sejumlah penelitian medis dan pakar kesehatan dunia yang tergabung dalam organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Sudah ada penelitian mengenai ini, jadi kita tidak perlu khawatir pasien positif sembuh menularkan lagi, tapi protokol kesehatan tetap kita laksanakan sebagaimana biasa,” lanjut Mul.

Mul juga mnejelaskan, seorang pasien Covid-19 yang sembuh memang bisa terinfeksi lagi untuk kedua kalinya. Tapi, infeksi virus corona Covid-19 kedua kalinya itu tidak bersifat menular.

Mengutip laman Suara.com sebuah penelitian oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea telah meneliti sebanyak 285 orang yang sudah terinfeksi virus corona Covid-19.

Para pasien yang dites positif Covid-19 kedua kalinya telah melakukan kontak dengan 790 orang, 351 orang di antaranya adalah anggota keluarga dan 439 orang lain yang ditemui saat berbelanja atau lainnya.

Setelah melalui pengujian, hanya ada 3 dari 790 orang yang dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona Covid-19 . Artinya, orang yang positif virus corona Covid-19 kedua kalinya dianggap tidak terlalu menular.

“Ada 3 kasus positif Covid-19 yang dikonfirmasi setelah bertatap muka dengan orang yang positif Covid-19 kedua kali. Tapi, ketiga kasus ini juga memiliki riwayat bertatap muka dengan pasien Covid-19 lainnya,” jelas laporan yang dikutip dari The Sun. asri/red

Komentar

SK News Update