Lakukan Operasi Pasar untuk Tekan IPH

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, ketika memimpin langsung rapat paripurna DPRD, dan sekaligus menyampaikan kepada pihak eksekutif, untuk segera menindaklanjuti tingginya IPH dengan melakukan operasi pasar. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Indeks Perkembangan Harga (IPH) Kabupaten Seruyan masih tergolong tinggi, legislator meminta agar dinas terkait melakukan operasi pasar untuk mencari kendala yang terjadi di lapangan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, harga bahan pokok di pasaran terus mengalami kenaikan, terutama untuk harga daging ayam ras yang dalam beberapa minggu ini terus mengalami kenaikan. Untuk itu, perlu dilakukan inventarisir terkait permasalahan yang sebenarnya terjadi, dan jika perlu agar hasilnya lebih maksimal dinas terkait harus menggelar operasi pasar.

“Saat ini IPH bahan pokok masih relatif tinggi, seperti telur dan bawang terus merangkak naik. Sehingga perlu solusi yang lebih efektif dan transparan guna membantu masalah yang dihadapi,” katanya, Selasa, (1/8/23).

Ditmbahkannya, untuk menekan harga ayam ras agar tidak terus mengalami kenaikan, dinas terkait agar dapat membina para peternak lokal untuk memenuhi kebutuhan ayam di daerah ini.

“Karena selama ini para pedagang banyak mengambil ayam ras dari Banjarmasin dan harus bersaing dengan pedagang dari daerah lain, sehingga hasilnya kurang efektif dan saat dijual harga sudah mengalami kenaikan,” ujarnya.

Selain itu, saat ini masyarakat masih dalam tahapan pemulihan ekonomi, tentunya pemerintah daerah (pemda) harus melakukan pengawasan yang lebih intensif untuk mengatasi IPH yang terjadi. *.*

Respon (68)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!