oleh

Gubernur Kalteng : Program Ketahanan Pangan Harus Bebas Kepentingan Politik

SKNews – Pulang Pisau : Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran berulang kali mengingatkan agar program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah pusat di provinsi Kalteng tidak ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu.

“Saya garis bawahi, jangan ada kepentingan politik dalam program ketahanan pangan ini, niatnya tidak lain adalah upaya meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat provinsi Kalteng,” ujar Sugianto saat menggelar video conference dengan para Bupati se-Kalteng baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta masukan kepada para bupati se-Kalteng sebagai bahan laporan kepada presiden. “Saya minta masukannya, termasuk kondisi di lapangan sejauh mana persiapan kita, ini agar supaya tujuan menjadi lebih jelas,” kata Gubernur.

Gubernur juga mengaharapkan proses pelaksanaan food estate akan ditangani secara khusus dengan pertimbangan khusus pula sehingga tidak banyak pihak yang mengintervensi didalamnya. Keterlibatan banyak pihak yang  tidak sejalan merupakan sumber kegagalan kegiatan.

Dia berharap petani dapat memanfaatkan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian. “Petani akan diarahkan kemampuannya dalam mengolah lahan pertanian dengan sarana teknologi dan penyiapan sarana prasarana akan semakin membuat peningkatan kemampuan produksi,” tukas Sugianto.

Dia juga secara tegas memeberikan warning kepada dinas instansi yang tidak konsisten dalam melaksanakan tugas. Bahkan ia tidak segan mempertimbangkan oknum dinas yang tidak konsisten tersebut dipindah tugas.

“Kekompakan kunci utama, saya ingin semua dinas konsisten menyukseskan program pusat ini, saya tidak segan memindahtugaskan apabila ada pejabat yang menyalahgunakan kewenangannya,” tegas Gubernur. (asri/rt/red)

Komentar

SK News Update