Fordayak Pulang Pisau di Lantik dan Kukuhkan

  • Bagikan

SK News, PULANG PISAU – Kiprah Organisasi Forum Pemuda Dayak ( fordayak ) Pulang Pisau bertekad untuk melindungi hak – hak pemuda Dayak dalam turut membangun daerah sehingga perjuangan untuk sinergi bersama pemerintah daerah termasuk mewujudkan rumah betang menjadi landasan kerja organisasi ini.

 

Secara resmi fordayak wilayah Pulang Pisau telah di Lantik dan kukuhkan oleh ketua Fordayak Provinsi Kalteng, Bambang Irawan dengan memberikan kepercayaan kepada Hermawan Mihing.

Dengan dilantiknya kepengurusan organisasi ini maka fordayak secara resmi akan melaksanakan peraturan dasar dan rumah tangga organisasi ini dengan menggerakkan potensi pemuda Dayak untuk berjuang bersama.

Pelantikan Fordayak sendiri dilaksanakan di GPU Handep Hapakat, Senin ( 5/4/2021 ) untuk masa jabatan selama 4 tahun yakni 2021 – 2024 sedangkan ditengah pandemi covid-19 yang masih belum selesai kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Pulang Pisau, Asisten bidang ekonomi, Ir. Hanafi, Kepala kejaksaan Negeri, Priyambudi serta beberapa anggota DPRD setempat dimana jajaran pengurus provinsi juga dihadiri langsung oleh ketua Fordayak.

Sedangkan Pengurus periode 2021 – 2024 sendiri ketuai oleh Hermawan Mihing didampingi Ketua Harian Deddy Budiman, Sekretaris Rolly Stephenli dan Bendahara Asprianta O.R Mathias.

Dalam arahannya Ketua Umum DPP Fordayak Bambang Irawan mengatakan, Fordayak terbentuk dari inisiatif pemuda Dayak sebagai garda terdepan meningkatkan harkat martabat masyarakat adat Dayak.

“Fordayak menentang radikalisme dan intoleransi, dengan adanya Fordayak di Pulpis sendiri dapat menjaga keamanan dengan bekerjasana TNI/Polri,” tegasnya.

Menurutnya, tujuan Fordayak ini adalah agar bisa membangun karakter muda agar lebih kuat dalam mengenal budaya, adat istiadat dan juga mengenal filsafat rumah betang.

“Kita berharap DPD Fordayak Pulpis bisa bekerja sama dengan semua pihak baik itu, TNI, Polri, Masyarakat, Pemerintah maupun yang lainya. Dengan tujuan agar meningkatkan taraf hidup masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat dalam Falsapah rumah betang,” sebut Bambang Irawan.

Ketua yang baru dilantik, Hermawan Mihing bertekad akan mengembangkan adat budaya di Bumi Handep Hapakat agar pemuda Pulpis lebih mengenal budaya Dayak serta menjaga tradisi yang telah lama ada dan mendorong terbuka serta berkembangnya Objek Pariwisata yang ada diseluruh Wilayah Pulpis.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan audiensi dengan pemerintah kabupaten untuk meminta Rumah Betang yang saat ini masih proses Pembangunan bisa segera diselesaikan, karena Rumah Betang ini salah satu Visi Misi Bupati dan wakil bupati Pulpis, paling tidak tahun 2022 sudah selesai. Fordayak Pulpis juga akan berada di Garda terdepan bersama Ormas lainnya melawan Intoleransi dan Radikalisme tidak boleh ada kelompok atau paham tersebut di Bumi Handep Hapakat,” tutupnya. ( gr/red )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!