DP3AP2KB Pulpis Sosialisasikan Penghargaan APE

SK NEWS –  Pulang Pisau – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau mulai mensosialisasikan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). APE sendiri adalah suatu penghargaan terhadap prakarsa prestasi yang dicapai dan menunjukkan kesejahteraan orang lain dalam kaitannya pencapaian kesejahteraan gender pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Perhargaan APE ini dimulai sejak 2004, dan diberikan setiap 2 tahun sekali.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pulang Pisau, dr Bawa Budi Raharja melalui Sekretaris Ma’ruf Kurkhi mengatakan bahwa Anugerah Parahita Ekapraya atau APE adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran serta para pimpinan Kementrian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

” Nah, APE ini sudah ada sejak tahun 2004, cuma sampai saat ini, khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah belum ada satupun daerah yang mendapakan penghargaan ini, ” kata Ma’ruf, Selasa (28/7).

Berkaca dari itu kata Ma’ruf, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui DP3AP2KB pada tahun ini mulai mensosialisasikan program ini, bekerjasama dengan Bappeda, sekalu Ketua, Inspektorat, DPPKAD, Dinas Kesehatan, Pendidikan, DPMD, BPS serta Dinas Kominfo dan informatika, bagaimana cara pengisian daripada aplikasi Anugerah Parahita Ekapraya ini.

Mudah-mudahan dengan komitmen bersama, kita dapat mendapatkan penghargaan APE ini. Dimana APE ini akan terwujud, kata Ma’ruf, jika 7 indikator, yakni komitmen, kebijaksanaan, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran dan data sistem dan informasi, pedoman dan studi serta peran serta masyarakat rapat terpenuhi.

Apabila ke tujuh persyaratan itu dapat diwujudkan, Insyaallah kita bisa mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya ini. Dimana Anugerah Parahita Ekapraya, dimulai dari tingkat Pratama atau pemula, tingkat Madya, Utama dan tingkat Mentor.

” Alhamdulillah, rapat pertama komitmen untuk ikut penilaian APE 2020 berjalan lancar, dimana pengumumannya akan disampaikan pada bulan Maret 2021. Dengan persiapan yang matang dan saling bersinergi serta saling mendukung, Insyaallah kita bisa mendapatkan yang terbaik, ” ujarnya

Ma’ruf menjelaskan, semua peserta memiliki komitmen, dan masing-masing menyadari akan segala kekurangan dan memiliki Pekerjaan Rumah (PR). Bahkan kata Ma’ruf, masing-masing SKPD sepakat akan menindaklanjuti kekurangan 7 indikator yang jadi penilaian itu, sehingga pada rapat selanjutnya semua indikator penilaian fapat terpenuhi.

” Pengisian aplikasi Anugerah Parahita Ekapraya ini di mulai bulan Juni sampai bulan Oktober, selanjutnya dilakukan verifikasi oleh pihak provinsi pada bulan September, dan penentuan layak dan tidaknya, yakni pada bulan Desember mendatang. Kita berharap dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat, sehingga Kabupaten Pulang Pisau dapat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tersebut, ” tandasnya ( rt/red )

Respon (63)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!