DP3AP2KB Pulang Pisau Menuju Keluarga Berkualitas

  • Bagikan

SK NEWS, PULANG PISAU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), melaksanakan kegiatan pembinaan bagi kelompok kegiatan yang dimulai dari Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK – R) Kampung Keluarga Berkualitas, di Kecamatan Kahayan Tengah (Kahteng) , Selasa (9/11/2021).

Kepala DP3AP2KB Pulang Pisau, dr H Bawa Budi Raharja melalui Sekretarisnya, Ma’ruf Kurkhi mengatakan, kegiatan dalam rangka menciptakan kampung keluarga berkualitas, pihaknya melaksanakan pembinaan kepada Kelompok Kegiatan (Poktan) se- Kabupaten Pulang Pusau.

Kegiatan tersebut kata Ma’ruf, dilaksanakan di seluruh kecamatan, dimulai dari Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Untuk mewujudkan hal tersebut, ungkap Ma’ruf harus dimulai dari keluarga berkualitas. Dimana, ucapnya, usia balita harus sehat.

Upaya tersebut tentunya tidak lepas dari Bina Keluarga Balita (BKB), Remaja-nya Sehat/Tangguh melalui Bina Keluarga Remaja (BKR) dan lansia nya Mandiri melalui Bina Keluarga Lansia (BKL).

“Kalau BKB, BKR dan BKL-nya bagus, tentu akan bermuara pada terciptanya suasana kerja UPPKS (usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera,” beber Ma’ruf saat pertemuan/pembinaan poktan kampung KB tingkat Kecamatan Kahayan Tengah.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan keluarga berkualitas dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kegiatan UPPKS.

“Supaya keluarga sejahtera, harus ada peningkatan pendapatan keluarga,” ungkapnya, ”

Untuk itu, lanjut Ma’ruf, jika ibu rumah tangga mempunyai penghasilan tambahan sendiri bisa membantu suami. Karena kata Ma’ruf, uang ibu untuk ibu. Kalau ibu ada tambahan penghasilan, maka peningkatan kesejahteraan keluarga akan dapat terwujud dengan baik.

Ma’ruf menyampaikan, jika semua desa punya prinsip seperti itu diharapkan akan terwujud masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang maju dan sejahtera.

“Kami dari DP3AP2KB akan mendorong hal itu. Untuk itu kami melakukan pembinaan poktan di semua kecamatan yang ada di wilayah kabupaten setempat,” pungkasnya.

Sementara, kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Sari Parwati Tony Harisinta, Sekretaris DP3AP2KB Ma’ruf Kurkhi, Kepala DPMD Hj. Deni Widanarni, Camata Kahayan Tengah, Siswo, Camat Banama Tingang, Sem Bodoy dan peserta dari Desa Kampung Keluarga Berkualitas se-Kahayan Tengah.[rls/red]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!