oleh

Bupati Pulpis Launching Program Desa Pantang Mundur di Belanti Siam

SKNews, Pulang Pisau – Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo me-lounching program Desa Pantang Mundur atau Isen Mulang ditandai pemukulan gong, berlangsung di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (29/6/2020).

Desa Belanti Siam merupakan desa yang dipilih sebagai desa percontohan untuk desa lainnya dalam menjalankan program Desa Pantang Mundur atau Isen Mulang karena desa ini memenuhi tiga syarat dan kelebihan, antara lain aman dari Karhutla, aman dari Covid-19, dan menjadi pusat ketahanan pangan.

Desa Belanti siam sendiri ditetapkan sebagai juara ke III lomba Desa Pantang Mundur atau Isen Mulang oleh Polda Kalteng.

Hal tersebut diumumkan pada acara launching Desa Pantang Mundur (Isen Mulang) melalui Virtual, Senin, 29 Juni 2020. Terlibat dalam rapat virtual tersebut, Kapolda Kalteng dan jajarannya serta Bupati dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah

Launching program yang diinisiasi langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Dedy Prasetyo itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo yang menjadi penanda jika pelaksanaan program tersebut sudah mulai.

Pelaksanaan launching bertempat di penggilingan padi NASIKU, Jalan Barito IV, Blok A, Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya mengatakan, semoga program ini bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya dalam rangka bersama mencegah Covid-19, Karhutla dan ketahanan pangan, dan dapat menjadi perhatian kita bersama, ucap Edy kepada media.

Menurut orang nomor satu di kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini, untuk menjaga ketiga situasi ini, bukan hanya dilakukan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, tetapi sampai tingkat terendah, yakni tingkat desa.

“Jika hal ini dilakukan bersama, maka semuanya dapat teratasi dengan baik,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, upaya Polres Pulang Pisau sendiri dalam rangka menyukseskan program ini sejalan dengan kebijakan Bupati yakni pencegahan Karhutla, ketahanan pangan, dan penanganan Covid-19.

“Hal itu sudah kita lakukan melalui sosialisasi dan imbauan kepada desa-desa lainnya. Untuk menghadapi ketiga hal ini perlu dijalin kerjasama dengan seluruh pihak, termasuk dengan masyarakatnya,” ucap Kapolres. asri/red

Komentar

SK News Update