Bumdes Perlu Pihak Ketiga Untuk Bantuan Modal

  • Bagikan
Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo, ketika meminta peran bumdes di setiap desa dapat dimaksimalkan, terutama untuk mewadahi hasil olahan atau produk masyarakat sekitar. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Badan usaha milik desa (Bumdes) harus dijalankan sebaik mungkin untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, namun pihak desa masih kesulitan untuk mendapatkan modal dan perlu bantuan dari pihak perbankan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Zuli Eko Prasetyo mengatakan, komunikasi telah dilakukan dengan pihak perbankan, salah satunya dengan bank daerah yang bercabang di Kuala Pembuang. Perbankan bersedia memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat desa yang mengelola bumdes, sehingga dapat berpengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

“Bumdes di setiap kecamatan belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal, hal ini dikarenakan pihak desa sering kesulitan dalam mencari modal dan perlu bantuan dari pihak ketiga,” katanya, Selasa, (11/4/23).

Dijelaskannya, pihak desa perlu mengajukan proposal kepada perbankan sesuai dengan teknis yang ditentukan, agar bantuan modal untuk pengelolaan bumdes bisa diupayakan dan segera terealisasi. Hal ini dikarenakan pihak bank juga perlu data yang akurat agar bantuan yang diberikan tidak salah sasaran.

“Komunikasi akan terus dilakukan agar bantuan modal untuk pengelolaan bumdes bisa segera terlaksana, mengingat bumdes menjadi wadah untuk masyarakat menjual hasil kerajinan atau makanan khas di desanya,” ujarnya. *.*

  • Bagikan

Respon (7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!