Bantu Bibit Unggul Untuk Petani Sawit

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Seruyan, Muhammad Aswin, saat memimpin kegiatan rapat internal.

SKNEWS – SERUYAN – Dalam rangka membantu para petani yang kesulitan mendapatkan bibit dan sebagai upaya meningkatkan hasil panen, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mendorong pemerintah setempat untuk menyalurkan bantuan bibit kelapa sawit yang kualitasnya baik dan unggul.

Wakil Ketua II DPRD Seruyan, M. Aswin mengatakan, saat ini banyak petani sawit yang terhambat dalam proses penanaman, seperti terkendala sulitnya mendapatkan bibit yang berkualitas unggul, sehingga hanya memanfaatkan bibit-bibit sawit yang didapat dari hasil cabutan yang diperoleh di bawah pohon sawit milik perusahaan sekitar.

“Dengan bibit yang didapat tersebut tentunya proses penanamannya tidak maksimal karena tidak berasal dari bibit yang berkualitas. Bibit seperti itu juga untuk masa tanamnya relatif lebih lama, ditambah lagi buahnya yang tidak begitu banyak, sehingga hasil panen yang diperoleh petani pun tentunya jauh dari harapan,” Katanya.

Menurutnya, sebagian besar permasalahan tersebut dialami oleh petani sawit di Daerah Pemilihan (Dapil II) yang meliputi Kecamatan Hanau, Danau Seluluk, Seruyan Raya, dan Danau Sembuluh. Dimana mayoritas pekerjaan masyarakat setempat kebanyakan sebagai petani karet dan kelapa sawit.

“Ini menjadi keluhan masyarakat setempat dan menjadi aspirasi mereka kepada kami saat mengadakan reses, dan meminta agar pemerintah Seruyan bisa merealisasikan bantuan bibit unggul tersebut,” jelasnya.

Melihat situasi ini sudah seharusnya pemerintah memperhatikan mata pencaharian masyarakat yang bergantung disektor pertanian tersebut. Pemerintah harus bisa memberdayakan para petani dengan berbagai program-program yang sifatnya menciptakan kesejahteraan, seperti halnya program petani sejahtera dengan dukungan bibit unggul yang dimaksud. (Mhd/ Red)

Respon (60)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!