Wow, Harga Tomat di Kuala Pembuang Mencapai Rp 38 Ribu!

  • Bagikan
Salah seorang pedagang di pasar SAIK Kuala Pembuang, sedang menyusun dan membersihkan tomat yang dijual, saat ini tomat hijau yang banyak dijumpai dipasaran, dengan harga cukup signifikan sebesar Rp 38 ribu Perkilogramnya. Foto: Said SK_News.

SKNews, Seruyan – Akibat ketersediaan dari dalam daerah yang terbatas dan distribusi dari luar daerah yang terhambat,  berdampak besar terhadap harga jual tomat di pasar sayur dan ikan (SAIK) Kuala Pembuang, saat ini berada di angka Rp 38 ribu perkilogramnya.

Pedagang sayur di pasar SAIK Kuala Pembuang, Kori mengungkapkan, sejumlah jenis sayuran dipasaran mulai mengalami kenaikan, terutama harga tomat yang saat ini naik hampir 2 kali lipat dari harga normalnya.

“Sayuran jenis tomat saat ini dijual dengan harga Rp 38 ribu perkilogramnya, di mana untuk harga awal hanya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu perkilogramnya,” katanya, Rabu, (10/1/2024).

Kori menjelaskan, kenaikan harga ini berdasarkan informasi yang diterima salah satunya dipicu oleh musim hujan yang terus berlangsung dan adanya kendala distribusi dari luar daerah.

Selain itu, harga tomat berbanding terbalik dengan harga cabe yang saat ini mengalami penurunan drastis, yakni berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu perkilogramnya.

“Sebelumnya cabe dijual dengan harga Rp 70 ribu perkilogramnya, penurunan harga ini dikarenakan ketersediaan yang cukup melimpah,” jelasnya.

Kori berharap, harga tomat dapat segera mengalami penurunan seperti biasanya, jika harga terus mengalami kenaikan dikhawatirkan akan berdampak terhadap minat pembeli yang berkurang. *.*

  • Bagikan
error: Content is protected !!