Wakili Pj Bupati Kapuas, Asisten II Setda Kapuas, Salman Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Kapuas Timur

  • Bagikan
Suasana Maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Kapuas Timur, senin malam (9/10/2023). Foto : Razikin SKNEWS.

SKNEWS, Kuala Kapuas – Pj Bupati Kapuas yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kapuas, Salman mengatakan bahwa kegiatan maulid ini merupakan momentum untuk mengingat kembali kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan Maulid Nabi ini adalah saat yang tepat bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk mengenang dan memperingati kelahiran Rasulullah Muhammad SAW yang membawa rahmat dan hidayah bagi umat manusia,” ucapnya.

Hal tersebut disampaikan nya saat membacakan sambutan Pj Bupati Kapuas, Erlin Hadi, ST. pada kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, yang diselenggarakan oleh KNPI Kalteng dan DAD Kalteng, di halaman kantor Kecamatan Kapuas Timur, pada senin malam (9/10/2023).

Salman menambahkan, bahwa dengan diperingatinya kelahiran Nabi Muhammad SAW ini, harapannya masyarakat bisa meniru, menerapkan sifat teladan dari Rasulullah SAW.

“Tujuan utama dari peringatan Maulid Nabi ini bukan sekadar berkumpul bersama untuk merayakan, tetapi juga untuk memahami dan mengambil teladan dari kehidupan Rasulullah SAW. Beliau adalah sosok yang menjadi panutan bagi seluruh umat manusia, bukan hanya umat Muslim,” tambahnya.

Ia juga menceritakan sedikit untuk mengingat kembali kelahiran Nabi Muhammad SAW, ia menyebut banyak contoh dari Nabi Muhammad SAW yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut karena Nabi Muhammad SAW memiliki teladan yang sempurna yang bisa dijadikan contoh bagi umatnya.

“Selama hidupnya, Rasulullah SAW memberikan teladan hidup yang sempurna kepada umatnya. Beliau menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan sesama manusia, bagaimana berbakti kepada orang tua, bagaimana menjaga kehormatan dan martabat wanita, bagaimana berjuang demi kebenaran dan keadilan, bagaimana menjalin persaudaraan yang kuat antar umat beragama, serta bagaimana memperkecil kesenjangan sosial dalam masyarakat,” pungkasnya.

Salman mengharapkan peringatan maulid ini bisa menjadi momentum untuk menjadikan diri lebih baik lagi serta meniru teladan Nabi Muhammad SAW yang disampaikan dalam ceramah nantinya.

“Dengan memperingati Maulid Nabi ini, kita diingatkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam berperilaku, beribadah, dan berinteraksi dengan sesama. Kita diingatkan bahwa umat Islam seharusnya menjadi umat yang memberikan manfaat bagi dunia, menjadi duta-duta perdamaian, menjadi sumber ilmu, serta menjadi penerang dalam kesulitan yang dihadapi oleh umat manusia,” katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada sang pencipta dan rasul serta menjalin hubungan lebih baik lagi kepada sesama bahkan ke kepada umat lainnya.

“Melalui peringatan Maulid Nabi ini, mari kita tingkatkan keimanan dan kecintaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Mari kita renungkan makna hidup terpuji Rasulullah Muhammad SAW untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian kita. Mari kita pererat tali silaturahmi di antara sesama umat Muslim dan juga dengan umat agama lain, sebagai bentuk nyata dari ajaran kasih sayang dan persatuan yang ditanamkan oleh Rasulullah SAW,” ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat menjadikan momentum peringatan maulid ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Terakhir, marilah kita menjadikan Maulid Nabi sebagai momen yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan, bukan sekadar acara seremonial. Mari kita manfaatkan peringatan ini sebagai momentum untuk bertaqarrub kepada Allah, memperbaiki diri, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih damai, adil, dan sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini, di isi oleh penceramah Guru Mahmud Syarkani Al-Banjari dan Guru Ahmad Supian Al-Banjari. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD KNPI Kalteng, Muhammad Alfian Mawardi, SH. Camat Kapuas Timur, para kades setempat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga Kecamatan Kapuas Timur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!