oleh

Vaksin Masyarakat untuk Maksimalkan Capaian Targat

SK NEWS, PULANG PISAU – Kendala utama yang dihadapi Dinas Kesehatan kabupaten Pulang Pisau provinsi Kalimantan Tengah dalam mempercepat capaian vaksinasi adalah ketersediaan vaksin yang di gunakan tim nakes untuk kegiatan vaksin kepada masyarakat.

Capaian vaksin di Pulang Pisau hingga kini masih jauh dari harapan namun demikian upaya maksimal akan dilakukan dengan cara terus memantau permintaan kepada pemerintah provinsi untuk di distribusikan ke Pulang Pisau.

Drg. Sopiah selaku plt. Kepala dinas kesehatan Pulang Pisau mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mendatangkan vaksin agar target capaian dapat terpenuhi namun hingga kini capaian diakui masih belum tinggi yakni untuk lansia saja rata – rata di setiap desa hanya pada kisaran 30 persen lansia.

“ Capaian vaksin kita masih belum signifikan dan ini yang akan terus kita tingkatkan sambal mengusahakan terobosan permintaan jumlah vaksin yang lebih banyak dari provinsi sehingga kami akan lebih cepat lagi dalam target capaian dilapangan,” katanya.

Sementara itu menurutnya vaksin saat ini sangat diharapkan tidak mengalami kendala stock pasokan dari provinsi sebagaimana vaksin tidak saja digunakan oleh lansia namun masyarakat umum serta anak didik juga menanti giliran ketersediaan vaksin.

Drg. Sopiah optimis jika vaksin dari jenis apapun lancar diberikan untuk Pulang Pisau maka pihaknya akan langsung mendistribusikan ke tim nakes agar segera melakukan langkah percepatan vaksinasi ke masyarakat sebagaimana yang ditargetkan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah.

“ Semangat yang dimiliki tim nakes sangat tinggi untuk vaksin ke masyarakat hal tersebut mengingat proses pelaksanaan vaksin kita serahkan ke sarana Kesehatan kecamatan dan desa sehingga kami yakin capaian vaksin disemua tingkatan akan lebih cepat selama stock vaksin ada,” ucapnya.

Belum lama ini tim nakes juga telah melaunching vaksin untuk ibu hamil, hal tersebut tentu juga akan terbagi dalam target capaian vaksin untuk ibu hamil namun nantinya dilapangan akan diberlakukan sistem bergantian yang jelas setiap ada pasokan vaksin akan langsung dilaksanakan ke masyarakat. ( adytia /red )

Komentar

SK News Update