Tumbuhkan Prekonomian Masyarakat DAS

  • Bagikan
Tampak kehidupan masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan. Foto: Said.
Wakil Ketua I DPRD, Seruyan Bambang Yantoko.

SKNews, Seruyan – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seruyan didorong untuk memperhatikan kondisi perekonomian masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), hal tersebut dikarenakan masih banyaknya warga yang di bawah garis kemiskinan.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Seruyan Bambang Yantoko mengatakan, masyarakat yang tinggal di aliran sungai saat ini masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan, sehingga perlu upaya dari pemda untuk menggiatkan perekonomian khususnya bagi masyarakat setempat.

“Banyak warga DAS yang berada di bawah garis kemiskinan, karena mereka masih bersifat tradisional dan hanya bergantung pada alam, untuk itu kami mendorong pemerintah agar menanggulangi hal ini,” katanya.

Menurutnya, langkah yang dapat dilakukan pemda adalah memberikan pembinaan terhadap warga-warga di DAS tersebut untuk menciptakan ekonomi kreatif. Namun, itu semua tentunya perlu upaya pendukung seperti hal nya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mumpuni.

“Kebanyakan dari mereka enggan melanjutkan pendidikan, ini bisa menjadi masalah utama yang mempengaruhi kualitas SDM, saya harap peran pemerintah lah untuk memberikan mereka edukasi pentingnya berpendidikan,” tuturnya.

Diharapkan, permasalahan ini data menjadi atensi dari pihak pemda, karena masyarakat yang ekonominya baik dan kehidupannya lebih sejahtera tidak lepas dari SDM yang berkualitas. *.*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!