Sekda Berkomitmen Dorong Sistem Keterbukaan Publik

  • Bagikan

SK NEWS, PULANG PISAU : Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Tony Harisinta menyambut kedatangan Tim Penilai Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah. Kedatangan Tim Penilai yang dipimpin Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, Setni Betlina dan rombongan disambut di Ruang Rapat Wakil Bupati Pulang Pisau, Senin (11/10/2021).

Dalam sambutannya, Tony mengatakan menyambut baik kedatangan tim penilai dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah, dirinya juga berkomitmen untuk mendorong penuh keterbukaan informasi publik karena dengan adanya keterbukaan Informasi publik ini juga sebagai modal dasar melaksanakan pembangunan di Pulang Pisau dalam hal Informasi kepada masyarakat, khususnya Kabupaten Pulang Pisau.

“Saya juga ingin mendorong peran Sekretaris di organisasi perangkat daerah untuk bisa berperan secara maksimal, mengingat semua sekretaris di OPD merupakan pejabat PPID di OPD nya masing-masing, sehingga pelaksanaan keterbukaan informasi publik melalui PPID bisa dioptimalkan,” kata Tony.

Terkait dengan hal tersebut, Tony meminta kepada Kepala Dinas Kominfostandi Kabupaten Pulang Pisau untuk bisa menjadwalkan pengarahan untuk semua sekretaris OPD.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfostandi Kabupaten Pulang Pisau selaku PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau, Moh Insyafi, dalam paparannya mengatakan, pembentukan PPID Kabupaten Pulang Pisau berdasarkan Peraturan Bupati Pulang Pisau Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi Publik dan Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 245 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Pengelola Layanan dan Dokumentasi, dan Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

“Hampir semua PPID Pelaksana di OPD sudah terbentuk kelembagaannya, hanya saja belum semuanya bisa berjalan secara optimal dalam pelayanan informasi publik, hal ini dikarenakan ada beberapa kendala, baik internal maupun eksternal,” kata Insyafi.

Lebih lanjut Insyafi mengatakan, untuk meningkatkan peran PPID pelaksana di OPD, pihaknya akan membuat kegiatan sosialisasi maupun bimbingan teknis pada tahun 2022 mendatang, termasuk juga akan melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) serta pemeringkatan untuk PPID pelaksana di lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau.

Menanggapi rencana sosialisasi, bimtek, dan monev serta pemeringkatan badan publik di Kabupaten Pulang Pisau sebagaimana yang disampaikan oleh Kadis Kominfostandi Kabupaten Pulang Pisau tersebut, Wakil Ketua Komisi Informasi Kalteng, Setni Betlina menyambut baik, dan pihaknya siap untuk menjadi narasumber sosialisasi dan juga siap sebagai tim penilai pemeringkatan badan publik di Kabupaten Pulang Pisau bersama PPID Utama Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2022 mendatang.

Tim Publikasi Dinas Kominfostandi Pulpis / red

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!