oleh

Provinsi Kalteng Kabulkan 3.953 KPM BLT di Kabupaten Pulang Pisau

SKNews – Pulang Pisau : Sebanyak 3.953 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Pulang Pisau akan segera menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Provinsi Kalimantan Tengah dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau, Eknamensi Tawun mengatakan, sebanyak 3.953 KPM di Kabupaten Pulang Pisau itu merupakan hasil verifikasi Dinsos Provinsi Kalteng terhadap usulan Dinsos Kabupaten Pulang Pisau yang semula sebanyak 4.268 KPM se-Kabupaten Pulang Pisau.

Mengenai kabar akan digelontorkannya dana BLT itu dalam waktu dekat ini, Tawun mengaku sudah melakukan kontak dengan pihak Dinsos Provinsi Kalteng baru-baru ini.

“Kita sudah kontak dengan pihak Dinas Sosial Provinsi Kalteng, menurut mereka Pulang Pisau akan segera disalurkan dalam waktu dekat ini sambil menunggu petunjuk pimpinan,” ujar Tawun, Selasa (2/6/2020) di Pulang Pisau.

BLT Provinsi Kalteng ini, kata Tawun, akan disalurkan melalui Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau secara tunai. Ia menyarankan perlu dibuat konsep penyalurannya untuk menghindari kerumunan massa yang bisa berakibat pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Harus ada konsep perencanaan penyaluran agar penerima tidak membludak di satu tempat seperti yang terjadi di kota Palangkaraya, kita akan berkoordinasi dengan pihak Banmk Kalteng Cabang Pulang Pisau,” tukas Tawun.

Kepala Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau, Ardiansyah saat ditemui media ini mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Kabupaten Pulang Pisau. “Iya kita sudah berkoordinasi, saat ini kita tengah menyiapkan skedul penyalurannya untuk menghindari pelanggaran protokol kesehatan akibat berkumpulnya massa di satu titik,” ucapnya.

Ardiansyah juga mengutarakan beberapa alternatif, diantaranya membuat jadwal terpisah secara bergiliran per-kecamatan terdekat, atau membagi titik penyaluran di Bank Kalteng Cabang Pembantu Pulang Pisau yang berada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau seperti di Kecamatan Kahayan Kuala.

Sebagaimana diketahui, Provinsi Kalteng telah menggelontorkan dana sebesar Rp.90.373.500 Milyar dari kas APBD Provinsi Kalteng untuk BLT sebesar Rp.500 ribu kepada 180.747 KPM yang terdampak pandemi Covid-19 se-provinsi Kalimantan Tengah.

Sejumlah kabupaten/kota di Kalteng sudah mulai menerima kucuran dana BLT tersebut dan telah disalurkan secara bertahap. Untuk Kabupaten Pulang Pisau diperkirakan akan terealisasi dalam waktu dekat ini. (asri/red )

Komentar

SK News Update